Adira Insurance Terus Permudah Pelanggan Ajukan Klaim


JAKARTA (DP) – Salah satu komitmen PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) untuk memberikan kepuasan kepada para pelanggannya adalah menciptakan keragaman dalam kemudahan. Tekad inilah yang terus dijalani oleh Adira Insurance, terlebih di era digitalisasi ini.

Chief Executive Officer Adira Insurance, Julian Noor mengatakan, di era modern seperti saat ini, perkembangan teknologi tidak bisa terelakkan. Hal ini bisa terlihat dari bermunculannya penggunaan teknologi untuk transportasi, usaha ritel dan lainnya, termasuk untuk jasa keuangan dan asuransi.

Di asuransi, lanjut dia, perkembangan teknologi ini juga tidak terlepas dari keinginan masyarakat yang menginginkan layanan serba praktis. Masyarakat tidak ingin lagi terbebani dengan pengurusan klaim yang berbelit dan pendaftaran premi yang menyita waktu.

“Sekarang semuanya ingin praktis sehingga penggunaan teknologi sangat dibutuhkan,” kata Julian, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/7) lalu.

Oleh karena itu, Adira Insurance melakukan transformasi layanan digital dari mulai hulu hingga hilir, yakni mulai dari informasi dan pembayaran produk, pengajuan klaim, hingga monitoring status pengerjaan klaim.

Donni Gandamana, Chief Operation and IT Officer Adira Insurance, menammbahkan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai strategi, salah satunya yaitu Autocillin Mobile Claim (AMC) ada pengembangan baru.

“Tahun ini ada pengembangan untuk fitur Track Claim. Pelanggan dapat melihat sendiri status pengerjaan kendaraannya secara real time melalui aplikasi AMC. Jumlah pelanggan yang menggunakan fitur ini terus bertambah,” jelas Donni.

Di sisi lain, tahun ini Adira Insurance sedang terus mengembangkan software untuk monitoring status pengerjaan unit kendaraan. Hingga saat ini, Adira Insurance telah melayani business partner untuk dapat melakukan monitoring status pengerjaan unit kendaraan.

“Business partner dapat melihat secara langsung unit-unit yang sedang dalam pengerjaan klaim. Mereka akan mendapatkan dashboard yang tersambung ke aplikasi Monitoring Status Pengerjaan Klaim milik Adira Insurance. Ini menjadi keunggulan kami dibandingkan perusahaan lainnya,” sambung Donni.

Donni menyebutkan sepanjang 2019, laporan klaim yang masuk menggunakan aplikasi ACM diklaim sudah lebih dari 4.000 laporan setiap bulannya, mencapai lebih dari 95% total klaim kendaraan bermotor roda 4, dengan seluruh proses laporan dan follow up menggunakan satu sistem yang juga sudah terintegrasi dengan bengkel rekanan Adira Insurance.

“Tiap tahun, usage customer AMC mengalami peningkatan. Tahun ini, mencapai 76% meningkat dibandingkan pertama kali AMC diluncurkan pada 2016, sebesar 17%. Ini artinya AMC semakin diterima pelanggan,” ungkap Donni. [dp/MTH]