Ada Toyota Hiace Racikan TRD. Mau Disulap Jadi Mobil Reli?


BANGKOK (DP) – Di Indonesia, Toyota Hiace generasi terbaru direncanakan dipajang di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. Padahal di Bangkok, minivan ini sudah ada versi modifikasi racikan TRD setelah diluncurkan versi standarnya beberapa waktu lalu.

Jika melihat wujud asli minibus bernama lengkap Commuter Rally Support Vehicle Concept by TRD ini, kita pasti mengira mobil untuk terjun di ajang reli. Betapa tidak, rodanya saja besar dengan balutan ban ala Toyota Hilux dan Fortuner versi reli.

Belum lagi balutan livery ala reli khas besutan tim Toyota, lengkap dengan nama-nama sponsor di beberapa bagian bodinya. Juga ada rak di sepanjang atapnya dan dilengkapi tangga di belakang layaknya mobil petualangan di medan off-road (cross country).

Tampilan Commuter Rally Support Vehicle Concept yang berbau reli ini sebenarnya bukan untuk berlomba di ajang reli, tapi sebagai mobil pendukung untuk tim reli Toyota di kejuaraan reli di kawasan Asia.

Baca juga:  Yuk! Pilih Body Kit Toyota Raize yang Cocok dengan Gaya Kamu

Kita tahu, di belakang sukses pereli ada tim yang memberikan dukungan penuh, yang mencakup berbagai hal, mulai dari kru yang terampil hingga peralatan yang lengkap. Untuk itu, TRD merombak all-new Hiace menjadi kendaraan support reli yang mumpuni.

Saat ini Commuter Rally Support Vehicle Concept tengah dipajang di event Bangkok Auto Salon 2019, dan cukup menyita perhatian pengunjung.

Dibandingkan dengan Hiace generasi kelima yang bakal diperkenalkan di Tanah Air ini, Commuter Rally Support Vehicle Concept memiliki seabrek fitur yang lebih lengkap dan canggih, baik untuk eksterior maupun interior.

Ubahan paling kentara yang dilakukan TRD adalah penggunaan velg dan ban off-road, sehingga kendaraan ini mampu melibas medan berat untuk memberikan dukungan bagi tim reli Toyota.

Juga ada mudflap atau penahan lumpur ala reli plus over fender berkelir hitam, sehingga menambah kesan sangar dan gagah. Pada sisi belakang, terdapat tangga untuk memudahkan kru menyimpan atau mengambil perlengkapan yang diletakkan di rak atas.

Baca juga:  Toyota-BYD Makin Akrab Bikin Mobil Listrik

Meski interiornya belum terlalu terlihat jelas, tapi dari foto pintu geser yang terbuka, tampak beberapa kompartemen untuk menyimpan barang dan peralatan yang diperlukan selama lomba berlangsung.

Dalam keterangan tertulisnya, Toyota tak menyebut apakah modifikasi juga menyasar dapur pacu. Tapi yang jelas, Hiace terbaru mengusung mesin 2.8-liter turbo-diesel. [dp/TGH]