Pesan Toyota GR Supra di GIIAS 2019 Seharga Rp1 Milyar Lebih


JAKARTA (DP) – Toyota Astra Motor (TAM) akan meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, 18 – 28 Juli di ICE BSD dengan meghadirkan Toyota GR Supra. Tak hanya dipajang, mobil sport ini juga siap dibawa pulang. Di Tokyo, konsumen malah ditawarkan berikut paket body kit lansiran TRD.

“Sudah banyak yang tanya-tanya tentang Supra, apakah Toyota akan memboyong GR Supra di GIIAS nanti. Hari ini, kami pastikan, iyaa mobil tersebut akan tampil di GIIAS 2019 dan sudah bisa dipesan juga,” jelas Anton Jimmi Suwandy, Marketing Manager PT Toyota Astra Motor dalam media gathetring GIIAS 2019 di Jakarta,  Selasa (9/7) kemarin.

Toyota GR Supra akan tampil bersama Toyota 86 dan Toyota C-HR. Lainnya adalah Push The Limit Zone yang bertema sport bersama Yaris Motor Sport, Agya Motor Sport, dan CH-R.

Mobil Sport ini ditawarkan dalam tiga pilihan mesin, yaitu 6-silinder inline 3.000 cc 340 hp 500 Nm, 4-silinder 197 hp 320 Nm, dan 4-silinder 2.000 cc 256 hp 400 Nm. Ketiga dapur pacu tersebut dikawinkan dengan sepasang turbocharger.

Toyota Supra sudah terdaftar di Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) DKI Jakarta. Dengan mengadopsi mesin 3 liter, harganya yang didaftarkan mencapai Rp1,492 miliar.

Baca juga:  Toyota Astra Motor Raih 2 Penghargaan CSR Lingkungan

Sebagai tambahan informasi soal body kit yang ditawarkan TRD di Jepang, bila Anda berminat pasti ada jalan untuk memboyong aero parts tersebut ke Tanah Air, atau mungkin pihak Toyota Astra Motor bakal melansir versi serupa untuk konsumen di Indonesia.

Tak cuma untuk mendongkrak penampilan, tapi aero parts berbahan serat karbon ringan ini dapat meningkatkan aerodinamika Toyota Supra.

Material ringan diaplikasikan untuk spoiler depan, side skirts, side door garnish, spoiler samping belakang dan spoiler tutup bagasi. Tampilan makin makin nyetel dengan dukungan velg aluminium berdesain anyar.

Paket body kit keluaran TRD ini dama dengan yang disematkan pada TRD GR Supra Performance Line Concept yang dipamerkan pada Februari lalu.

Seperti yang disebutkan tadi bahwa seperangkat body kit ini bukan sekadar kosmetika, tapi memang memiliki fungsi untuk menambah performa. Contohnya, spoiler depan yang terdiri atas tiga bagian, dapat membantu meningkatkan daya tekan (downforce) dan mengurangi dorongan dari bawah saat kecepatan tinggi.

Baca juga:  Toyota Luncurkan 3 Varian All New Corolla Altis, Ini Harganya

Dengan mengaplikasikan body kit TRD ini, maka ketinggian mobil dari permukaan jalan berkurang 14 mm (0,55 inci) pada sisi depan, sedangkan side skirts memiliki fungsi sama yang membuat jarak dari bodi mobil ke permukaan jalan berkurang hanya 4 mm dibandingkan versi standar.

Untuk side door garnish berfungsi untuk melancarkan aliran angin ke belakang, yang juga dibantu oleh diffuser fins dan spoiler di pintu bagasi. Kit ini memangkas ketinggian bodi dari permukaan jalan sekitar 24 mm.

Dan yang tak kalah menarik adalah velg twin-dual spoke berkelir hitam dengan ukuran 19 inci, yang desainnya identik dengan yang dipakai versi konsep yang disebutkan di atas tadi.

Baca juga:  Tantang Tesla, Hyundai Siap Perang di Segmen Truk Listrik

Untuk performa mesin Supra versi Jepang masih sama, yaitu tetap mengandalkan mesin BMW yang menghasilkan tenaga 194 dan 258 HP untuk varian mesin 2.0-liter turbocharged four-pot, dan 335 HP untuk varian mesin 3.0-liter inline-six turbo. [Dp/GTM]