Toyota GR Supra Debut di Indonesia, Harga Resmi Belum Diumumkan


TANGERANG (DP) – Cukup diakui, Toyota GR Supra memang menjadi salah satu pusat perhatian pengunjung pameran GIIAS 2019 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang. Tampilan kental khas sport car begitu kental menyusupi sisi eksterior maupun interiornya.

Dan PT Toyota-Astra Motor (TAM) pun menjadikan ajang (GIIAS 2019) ini untuk memperkenalkan secara resmi unit CBU yang diboyong langsung dari negara asalnya Jepang ini.

“Kehadiran GR Supra ini adalah bentuk apresiasi kami sekaligus menunjukkan upaya Toyota untuk menghadirkan produk, teknologi dan layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin modern,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, Selasa (23/7).

Dengan banderol yang diperkirakan bakal menyentuh lebih dari Rp2 miliar, GR Supra menjadi produk kedua setelah Land Cruiser dengan lebel harga yang menyentuh miliaran rupiah.

Lebih lanjut Jimmy menuturkan bahwa dalam pengembangannya, GR Supra telah melewati serangkaian uji coba yang panjang baik di lintasan sirkuit dan di berbagai jalan raya. Melalui tim GAZOO Razing, Toyota sudah mengikutsertakan prototipe GR Supra pada lomba ketahanan mobil di lintasan sirkuit Nurburgring, Jerman.

Baca juga:  DFSK Glory i-Auto Mulai Menyapa Indonesia Timur

Sementara melalui uji coba di lintasan jalan raya di berbagai negara, para engineer akan mengetahui karakter yang harus dipunyai GR Supra sebagai sportscar yang akan diproduksi masal dan dipasarkan secara global.

“Targetnya, menemukan komposisi dan kunci terbaik sportscar sejati namun tetap memberikan kenyamanan berkendara saat digunakan sehari-hari,” tutur Kazunori Minamide, Direktur Marketing TAM.

Pengembangan GR Supra, lanjut Minamide, lebih menekankan upaya mencapai kinerja sensivitas yang tinggi dimana setiap dinamika atau gerak mobil bisa menimbulkan emosi kegembiraan.

“Menghasilkan driveability yang kuat menjadi salah satu poin utama waku-doki (mengasyikan) dalam pengembangan GR Supra agar bisa tercapai,” tambahnya.

Sebelum resmi memulai debutnya di Indonesia, sport car ini telah diperkenalkan pertama kali di Detroit Motor Show, Amerika Serikat, Januari 2019.

Telah menjadi keyakinan atau filosofi Toyota sejak era pendiri Kiichiro Toyoda bahwa kondisi ekstrim di lintasan pacu akan mampu mengungkapkan potensi kendaraan secara menyeluruh, hal mana tidak akan terlihat saat mengemudi sehari-hari di jalan raya.

Baca juga:  All New Toyota Corolla Altis Hybrid Meluncur 12/9, Anda Mau Beli?

Generasi pertama mobil sport ikonik milik Toyota ini dimunculkan perdana pada 1978. Diikuti Generasi II pada 1981, Generasi III pada 1986, Generasi IV pada 1993 dan pada 2002 produksi Generasi IV dihentikan.

Setelah ‘mati suri’ selama 17 tahun, akhirnya generasi terbaru Supra muncul kembali dengan imbuhan ‘GR’ di awal tahun ini. Sambutan luar biasa pun dilontarkan publik dunia termasuk Akio Toyoda sendiri, sebagai Presiden Toyota Motor Corporation. [dp/MTH]