Aldi Satya Mahendra Sukses Raih Podium ke-3 Kelas UB150


DAPURPACU – Aldi Satya Mahendra berhasil meraih podium ke-3 dalam race pertama kelas Underbone 150 (UB150) pada putaran ke-5 Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 di Sirkuit Zhuhai, China, Sabtu (10/8).

Dengan membesut Yamaha MX King 150, pebalap belia asal Yogyakarta, ini cukup konsisten untuk berada di barisan terdepan sejak lap awal. Aldi pun berhasil menjaga ritme balap diantara kepungan para senior yang kenyang pengalaman.

Di tikungan 14 pada lap terakhir, di mana kerap terjadi manuver saling overtake, Aldi sukses menempatkan posisi motornya dalam racing line yang bagus. Alhasil, dapat mencapai garis finish lebih dahulu dari rival terdekatnya.

Bagi Aldi ini podium yang kedua kalinya diraih oleh adik kandung dari rider WorldSSP300, Galang Hendra Pratama. Sebelumnya ia meraih podium juara UB150 dalam race ke-2 ARRC 2019 di Suzuka, Jepang.

“Sejak awal start, saya terus ada di posisi depan sambil mengamati pebalap lain. Saat lap terakhir, saya mencoba untuk tenang agar dapat mengatur strategi. Saya senang mendapatkan podium 3 untuk balap seri ini,” ujar pebalap berusia 13 tahun ini.

Baca juga:  Janji Duo Pebalap AHRT di Sirkuit Jerez, Spanyol

Di race ke-2, saya akan berusaha memberikan yang terbaik untuk menambah nilai dalam standing point UB150,“ tambah Aldi.

Masih di kelas yang sama, rekan satu timnya yaitu Wahyu Nugroho hanya mampu finis ke-5. Meski tidak berada di barisan depan saat start, tidak lantas membuat Wahyu putus semangat untuk mempersembahkan prestasi terbaiknya.

Dia mengakui bahwa sejak awal hanya menargetkan bisa masuk dalam top group agar dapat menambah poin. Konsistensinya untuk terus ikut rombongan, atur ritme dan tidak berbuat kesalahan apapun.

“Kurang dua lap lagi, saya sudah ada di top group. Dan akhirnya saya senang bisa mendapatkan posisi 5 ini. Besok saya akan berusaha lebih dari race 1 ini,” imbuh Wahyu lebih lanjut.

Terkendala Teknis
Sementara di kelas Asia Production 250 (AP250), dua pebalap tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) yaitu Anggi Setiawan dan M. Faerozi belum mempersembahkan prestasi terbaiknya di race pertama di Sirkuit Zhuhai ini.

Baca juga:  Toyota Siapkan 'Jurus Pamungkas' di China

Kendala pada kinerja pengereman menjadi penghalang bagi Anggi untuk dapat tampil optimal, sehingga dirinya harus puas finis di posisi ke-11.

“Saya sempat memimpin dan ada di top group. Saat memasuki lap kedua, saya merasakan feeling berbeda pada pengereman sehingga titik pengereman saya jadi berubah. Saya jadi kehilangan waktu. Dan akhirnya saya hanya bisa finish di P11,“ tutur Anggi.

Begitupun dengan Faerozi yang mengalami masalah slide pada ban belakang hingga kehilangan momen untuk berada di grup depan. Namun ini bukan hasil akhir bagi keduanya.

“Setelah start, saya sudah bisa ikut rombongan terus namun saya membuat kesalahan sehingga slide di T7 saat keluar tikungan. Akhirnya, saya kehilangan dari group depan dan hanya bisa ada di group kedua saja. Hari ini jadi modal untuk berjuang lagi race 2 besok,“ tukas Faeroz.

Mereka akan melakukan evaluasi, termasuk mengoptimalkan set-up motor untuk race ke-2 AP250 pada Minggu (11 Agustus) nanti. Targetnya adalah mencapai hasil yang lebih baik untuk mendongkrak posisi dalam klasemen sementara AP250. [dp/MTH]