Aprilia Adopsi Launch Control Milik Ducati?


DAPURPACU – Bertepatan dengan laga MotoGP Austria, Aprilia telah menyusupkan fitur launch control yang serupa dengan milik tim Ducati. Hal itu dikonfirmasikan oleh manajer teknik Aprilia Racing Team Gresini, Romano Albesiano.

Dapat dikatakan fitur ini menjadi yang pertama digunakan tim lansiran pabrikan Italia tersebut, dan langsung diujicobakan oleh kedua pebalapnya, Aleix Espargaro dan Andrea Iannone di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Sebagai informasi, Ducati telah menjadi inovator dalam teknologi pada 2019, di mana pabrikan Bologna telah menyematkan perangkat tersebut hingga memasuki putaran ke-11 sepanjang musim ini.

Kini, pada MotoGP Austria, Albesiano mengakui bahwa teknologi launch control tersebut diklaim sistem mereka sendiri yang bertujuan untuk mengendalikan traksi dan roda sejak bendera start dikibarkan.

“Ada strategi kontrol traksi dan kontrol wheelie aktif,” tegas Albesiano. “Idenya adalah untuk menjaga pusat gravitasi lebih rendah di mana kinerja hanya dibatasi oleh wheelie. Jadi, dengan menurunkan suspensi depan, kami juga merendahkann titik centre of gravity, dan ada beberapa peningkatan,” lanjutnya.

Baca juga:  Lagi, Marquez Juarai GP Amerika

Selain itu, tunggangan Iannone dan Espargaro juga terlihat menggunakan dua swingarm yang berbeda di Austria ini. Hal ini bertujuan untuk menjaga gap dengan pebalap terdepan, sebelumnya nantinya RS-GP bakal tampil berbeda untuk model 2020.

Apakah perangkat ini berpengaruh besar pada penampilan Iannone maupun Espargaro di MotoGP Austria, sementara posisi start mereka dari P18 dan P19. [dp/MTH]