Marquez Waspadai Duo Yamaha, Bukan Ducati


DAPURPACU – Marc Marquez mengaku terkejut dengan pencapaian pole position ke-59 yang diraihnya di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada MotoGP Austria, Sabtu (10/8) lalu. Meski begitu, The Baby Alien mengatakan tidak mudah untuk menjaga jarak aman di setiap balapan yang dilakoninya.

Dengan perolehan waktu lap terbaik 1 menit 23,027 detik, pebalap Repsol Honda ini mampu menghindari gempuran rival terdekat sekaligus rookie di kelas premier MotoGP, Fabio Quartararo.

Sejatinya, nada ketidakpuasan tergambar dari Marquez pada pole di seri ke-11 MotoGP ini. Pasalnya, gap waktu yang dicapai masih lebih baik saat dirinya berlaga di Brno, Ceko, akhir pekan lalu, yaitu 2,5 detik dari pebalap di belakangnya.

Dan di Sirkuit Red Bull Ring ini, Marquez mengakui tidak berharap banyak bisa memiliki kesempatan yang besar untuk menggapai gap yang jauh, dikarenakan kondisi trek yang panas dan licin.

Baca juga:  Jorge Lorenzo Pensiun dari MotoGP, Apa Komentar Marquez dan Rossi?

“Saat saya melihat celah itu, saya terkejut karena berharap semua pebalap akan sedikit lebih cepat atau lebih dekat,” kata Marquez. “Tapi lintasannya sangat licin di FP4 dan saat kualifikasi. Namun, khusus pada kualifikasi, trek yang licin menjadi keuntungan buat saya,” tambahnya.

“Saya mampu menghentikan laju motor dengan cara sliding di kedua roda, yang kemudian, kadang-kadang saya bisa mengerem lebih lambat dari pebalap lainnya.”

Selain itu, lanjut Marquez, dia pun berharap bisa meraih waktu tercepat 1 menit 22 detik, tapi pada akhirnya tercapai 1 menit 23 detik.

“Ini adalah lap yang baik dan yang paling penting adalah kami merasa nyaman dengan motor dan kepercayaan diri sangat tinggi.”

Terlepas dari kepercayaan dirinyanya yang tinggi, Marquez tetap fokus untuk memaksimalkan perolehan poinnya di Red Bull Ring, saat ia memilih Dovizioso dan duo Yamaha Quartararo dan Maverick Vinales sebagai penantang terbesarnya.

Baca juga:  Jorge Lorenzo Pensiun dari MotoGP, Apa Komentar Marquez dan Rossi?

“”Kami telah melakukan langkah yang benar, namun balapan hari ini merupakan yang terpenting dan posisi Dovi tidak jauh dari saya. Kecepatan Dovi cukup konsisten, terutama saat menggunakan ban bekas, dan dia memiliki kecepatan yang baik,” lanjutnya.

“Saya juga tidak bisa melupakan pebalap Yamaha, Vinales dan Quartararo, jadi sepertinya balapan kali ini akan menarik, dan saya akan fokus dalam pemilihan ban belakang,” pungkas Marquez. [dp/MTH]