Kutukan Podium Puncak Bagi Marquez di Austria Berlanjut Musim ini


DAPURPACU – Laga panas kembali ditunjukkan duet Honda dan Ducati di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu (11/8). Pertarungan sengit di lap-lap terakhir antara Marc Marquez dan Andrea Dovizioso seperti mengulang kembali kenangan dua tahun silam. Tepatnya tahun 2017 di sirkuit yang sama.

Dengan pencapaian ini, Dovi mampu mempertahankan rekor kemenangan 100 persen bagi Ducati di Austria, berkat kelihaiannya mengambil momentum di tikungan akhir bagian dalam. Sensasi Rookie Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) melengkapi podium ketiga.

Di sirkuit tersebut, untuk keempat kalinya, The Baby Alien masih belum mampu mengungguli kepiawaian Ducati, yang untuk kali kedua harus berjibaku pada lap terakhir hingga menginjak garis finis.

Seperti kutukan, selama dua musim terakhir, pebalap Repsol Honda Team ini selalu menemui kegagalan untuk mengubah pencapaian pole position menjadi podium kemenangan di Austria.

Dapat dikatakan semasa kiprahnya di kelas premier MotoGP, tak satu pun podium puncak berhasil diraih oleh Marquez dan selalu dimenangkan oleh Ducati.

Baca juga:  Dovizioso 'Marah' Motornya Dirundung Masalah

Dua musim lalu, Dovi berhasil mengecohkan beringasnya Marquez di tikungan terakhir jelang berakhirnya balapan. Di musim berikutnya (2018), ia kembali takluk oleh kompatriotnya, Jorge Lorenzo, yang saat itu masih di kubu Ducati.

Musim ini, duel klasik kembali ditunjukkan oleh keduanya di seri 11 MotoGP Austria, tepatnya Ducati versus Honda! Memimpin jalannya balapan, Marquez dan Dovi langsung melesat untuk meraih tikungan pertama.

Alhasil, keduanya pun melebar dan membuat Quartarraro berganti memimpin. Meski tercecer hingga urutan kelima, sang pemuncak klasemen sementara dengan cepat memperbaiki posisinya.

Lap ke-6, inilah awal mula terciptanya pertarungan Dovi melawan Marquez, tepatnya usai keduanya melewati Quartararo. DesmoDovi memimpin, sedangkan The Baby Alien terus membayangi dari tempat kedua.

Tiga lap berselang, Marquez menyalip Dovi. Jika biasanya memburu, maka kali ini gantian Spaniard diburu Italiano. Kendati mendapat tekanan kuat, Marquez mampu untuk terus bertahan dalam tekanan Dovi.

Sembilan lap tersisa, Dovi berhasil melewati Marquez. Tempo semakin meninggi saat balapan memasuki dua lap terakhir, baik Dovi dan Marquez saling berusaha untuk menyalip.

Baca juga:  Jamu Juara MotoGp, Kang Emil Lontarkan Bahasa Spanyol

Di lap terakhir, Marquez berusaha mengeluarkan segala upayanya untuk bisa mempersembahkan podium pertama bagi Honda di sirkuit tersebut. Sebagai informasi, sejak sirkuit ini masuk dalam kalender MotoGP pada 2016, Marquez hanya mampu bercokol di posisi runner up selama tiga tahun berturut-turut.

Mengira balapan akan disudahi Marquez, DesmoDovi rupanya menolak untuk mengakui kekalahan. Menutup defisit di lap terakhir, Dovi melancarkan manuver block pass – persis seperti yang dia lakukan di Austria 2017.

Dovi melakukan blok sempurna melewati bagian dalam sebelum menggunakan akselerasi superior Ducati-nya untuk mengambil kemenangan emosional. Ia pun berhasil jadi pemenang, sekaligus mempersembahkan kemenangan keempat beruntun Ducati di Red Bull Ring.

Podium tertinggi pada MotoGP Austria tersebut juga yang kedua pada musim ini, sekaligus pertama sejak kali terakhir menapakinya saat seri pembuka di Qatar.

Di belakang Quartararo diisi oleh Rossi yang berhasil mengamankan finis keempat, di depan rekan setim Maverick Vinales dan Alex Rins. Kemudian posisi ketujuh ditempati rookie Francesco Bagnaia.

Baca juga:  Pameran Otomotif Bakal Mati? Simak Penilaian VW dan Toyota

Miguel Oliveira membawa KTM Tech 3 finis kedelapan, dilanjutkan Danilo Petrucci posisi kesembilan dan Franco Morbidelli menembus 10 besar. Sedangkan kegagalan finis dialami Pol Espargaro. Ia terlibat insiden dengan Cal Crutchlow pada Lap 2.

Tiga nama lain yang juga gagal finis, antara lain Jack Miller, Hafizh Syahrin dan Tito Rabat. Miller sebenarnya sempat jadi penantang di barisan terdepan, namun jatuh di Tikungan 9 pada Lap 8. [dp/MTH]

Top 10:
1. Andrea Dovizioso (Ducati Team)
2. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 0.213
3. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) + 6.117
4. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 7.719
5. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 8.674
6. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 8.695
7. Francesco Bagnaia (Pramac Racing) + 16.021
8. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech 3) + 16.206
9. Danilo Petrucci (Ducati Team) + 17.350
10. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 20.510