Massiv Amal Jelajah Jatim – Bali Berakhir di Lereng Gunung Agung


DAPURPACU – Berakhir sudah rangkaian kegiatan sosial yang dilakukan PT Wacana Prima Sentosa (WPS), produsen aki merek Massiv, yang dikemas dalam Massiv Amal Berbagi Berkah dengan tema ‘Jelajah Jatim Hingga Bali’, pada minggu lalu.

SDN 6 Bunutan, Kabupaten Karang Asem – Bali, menjadi etape terakhir tim Massiv Amal setelah menjelajah sekitar 3000-an km, meliputi kawasan di Jawa Timur hingga Bali, sejak 14 Agustus – 22 Agustus kemarin.

Bukan tanpa alasan SDN 6 Bunutan – Karang Asem dipilih sebagai puncak acara yang sudah berjalan sejak tahun lalu ini. Selain lokasinya berada dipucuk pegunungan di wilayah ujung timur pulau Bali, sekolah dengan murid berjumlah 79 siswa ini letaknya berhadapan langsung dengan puncak Gunung Agung.

Tak heran saat gunung aktif itu erupsi, sekolah ini pun kena dampak bencana cukup besar. Namun ada satu faktor yang membuat tim merasa prihatin dan berkeputusan untuk singgah di sana.

Keberadaan rumah murid-murid menuju sekolah ternyata cukup jauh. Tidak banyak siswa yang rumahnya dekat lokasi sekolah. Justru siswa di sini rumahnya terbilang jauh, atau sekitar 25 km jaraknya dari sekolah.

I Wayan Dayuh Suyasa, Kepala Sekolah SDN 6 Bunutan, mengatakan bahwa rata-rata para orang tua murid menjadi petani di lereng bukit dan tinggal di balik bukit. Makanya, lanjut dia, beberapa siswa harus berjalan hingga 40 km untuk bersekolah.

“Makanya sejak dulu pihak sekolah memperbolehkan siswanya bermalam di sekolah jika kondisinya tidak memungkinkan,” ujar Suyasa, dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/8).

Untuk memberikan kebahagiaan sekaligus merayakan HUT Kemerdekaan RI, tim Massiv Amal menggelar beragam lomba khas 17-an serta mendonasikan buku dan alat-alat olahraga sesuai keperluan sekolah.

“Para siswa pun kami hibur dengan film pendidikan sambil makan bersama guna menghangatkan suasana,” terang Fery Kurniawan, Kepala Cabang PT Graha Majapahit Sejahtera Sentosa, Surabaya.

Sebelumnya, tim juga melakukan kegiatan CSR di beberapa sekolah mulai dari SD hingga SMA di wilayah di Pulau Bali, diseputaran Gilimanuk, Negara, Tabanan, Denpasar hingga Bunutan.

Satriawan Agung Prabowo, Corporate Public Relation Officer PT WPS, berharap kegiatan Massiv Amal Berbagi Ilmu dan Berkah bisa membantu dunia pendidikan dengan donasi 3.000 buku untuk dunia pendidikan di kota-kota Jawa Timur dan Bali.

“Ini baru langkah kecil yang kami perbuat. Semoga menjadi inspirasi pihak lain untuk terus menyokong pendidikan,” pungkas Agung Prabowo. [dp/MTH]