Pebalap Asal Thailand Ini Dampingi Verstappen di GP Belgia

Alexander Albon

DAPURPACU – Tim Red Bull Honda melakukan pergantian pebalap jelang digelarnya laga lanjutan seri Formula 1 GP Belgia, akhir pekan ini. Pebalap asal Thailand, Alexander Albon dipromosikan dari tim Toro Rosso Honda ke tim Red Bull Honda menggantikan Pierre Gasly.

Nantinya, pebalap yang menunggangi mobil bernomor 23 ini akan mendampingi Max Verstappen pada paruh kedua musim balap F1 musim 2019. Adapun untuk Gasly bertukar tempat untuk mengisi slot kosong pada tim Toro Rosso Honda.

Albon memulai debutnya bersama tim Toro Rosso Honda pada seri F1 GP Australia 2019 lalu. Hingga paruh musim pertama ini, ia berhasil mengumpulkan 16 poin dengan raihan terbaiknya finis keenam di seri F1 GP Jerman 2019.

Pergantian pebalap ini dilakukan sebagai upaya tim Red Bull Honda untuk mengevaluasi susunan pebalap untuk musim 2020 mendatang. Hingga saat ini baru Verstappen yang sudah dikonfirmasi sebagai pebalap tim Red Bull Honda.

Tunggangan Alexander Albon di tim Red Bull Honda.

Hingga paruh pertama musim 2019 ini, tim Red Bull Honda baru mengumpulkan dua kali kemenangan yaitu di seri F1 GP Austria dan GP Jerman.

Selain itu, prestasi lain yang berhasil dikumpulkan meliputi 1 kali posisi pole pada seri F1 GP Hungaria, finis podium di seri F1 GP Australia, GP Spanyol dan GP Hungaria, serta tiga kali lap tercepat di seri F1 GP China, GP Monaco dan GP Hungaria.

Sampai seri ke-13 dari total 21 balapan yang digelar sepanjang musim ini, tim Red Bull Honda mampu mengumpulkan 244 poin dan berada di posisi ketiga klasemen sementara tim/konstruktor F1 2019.

GP Belgia akan berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps, yang berlokasi di Stavelot, Belgia. Sirkuit ini merupakan yang terpanjang di kalender F1 dengan panjang 7 km. [dp/MTH]