Irfan Ardiansyah Makin Kokoh di Puncak Kelas AP250 | dapurpacu.id

Irfan Ardiansyah Makin Kokoh di Puncak Kelas AP250


DAPURPACU – Pencapaian positif berhasil ditorehkan para pebalap muda binaan Astra Honda Racing Team (AHRT) di seri keenam ajang balap Asia Road Racing Championship (ARRC) yang berlangsung di Sepang International Circuit, Malaysia, akhir pekan lalu.

Pada kelas Asian Production 250 (AP250), para pebalap AHRT mampu menguasai podium pada race 2, di mana Awhin Sanjaya berhasil menjadi juara pertama. Sementara di race 1, Irfan Ardiansyah keluar sebagai juara pertama.

Jalannya balapan di race 2, Sabtu (21/9), tergolong sengit. Irfan yang berada di baris kedua mampu memimpin sejak balapan baru berjalan tiga lap. Namun posisinya sempat tergeser ke posisi 4 hingga jelang lap terakhir.

Keberuntungan pun hinggap di pundaknya. Bersaing dengan beberapa pebalap di grup terdepan, Irfan perlahan berhasil naik ke posisi pertama di tikungan terakhir dan bertahan hingga finis.

Sementara itu, mengawali balapan pertama di baris ketiga, Awhin Sanjaya mampu menjaga waktu dengan cukup baik. Pebalap 21 tahun ini beberapa kali sempat tertinggal namun dengan cepat melesat bergabung dengan grup terdepan dan akhirnya finish pada posisi keempat.

Baca juga:  Kelaman Digantung, Ini Tips Ringan Rawat Baju Balap

Lucky Herdiansya start di baris depan dan langsung berhadapan sengit dengan pebalap lainnya. Berupaya tetap fokus agar tidak terlempar dari persaingan grup depan, harus cukup puas dengan posisi keenam.

Balapan kedua kelas AP250 yang digelar Minggu (21/9) berlangsung semakin penuh tantangan. Begitu lampu start menyala, ketiga pebalap AHRT langsung memacu tunggangannya CBR250RR dan berusaha untuk tampil impresif.

Awhin beranjak naik untuk bersaing di rombongan depan. Memasuki lap ketiga, Awhin dapat memimpin rombongan balap. Dengan melakukan berbagai over take melewati pebalap lainnya diikuti tekanan pada lap akhir, Awhin berhasil menyentuh garis finis dan meraih podium pertama.

“Senang sekali, akhirnya race 2 berjalan sesuai dengan target saya bisa naik di podium tertinggi. Belajar dari race 1, saya mencoba untuk bersabar, fokus dan tidak melakukan kesalahan. Dengan momentum yang tepat, saya attack di lap terakhir dan akhirnya mampu menyentuh finish pertama,” kata Awhin.

Baca juga:  Kelaman Digantung, Ini Tips Ringan Rawat Baju Balap

Sedangkan Irfan setelah meraih podium pertama pada satu hari sebelumnya tetap optimis untuk dapat kembali berada di posisi pertama. Dengan memulai balapan di barisan kedua, Irfan memacu kencang motornya dan membuat jarak dengan pebalap di belakangnya saat memimpin balapan.

Pada lap 5, aksi crash pebalap lain tak terelakan sehingga Irfan harus mengatur keseimbangannya dan terus melaju dan finis di posisi kelima.

“Saya menghadapi situasi yang sangat menantang di balapan kedua ini. Usaha saya untuk bisa bertarung di barisan depan terhalang pebalap yang terjatuh persis di depan saya. Beruntung saya bisa kembali ke rombongan,” tambah Irfan.

Irfan pun bertekad putaran terakhir di Thailand akan berjuang keras agar bisa menjadi juara di ajang tersebut. Seri penutup ARRC 2019 digelar 30 November-1 Desember 2019, di Chang International Circuit, Buriram, Thailand.

Hasil balapan seri Sepang menempatkan Irfan sebagai pemimpin klasemen sementara kelas AP250, disusul Awhin di posisi ke-3, dan Lucky berada di posisi ke-5. [dp/MTH]