Quartararo Raih Pole Position Keempat di MotoGP Thailand


DAPURPACU – Fabio Quartararo akhirnya berhasil finis dengan waktu terbaik di sesi kualifikasi kedua MotoGP Thailand di Sirkuit Buriram, Thailand, Sabtu (5/10). Waktu tercepat mampu ditorehkannya di menit-menit terakhir 1 menit 29,719 detik.

Disusul posisi kedua Maverick Vinales yang juga harus bersusah payah mendapatkannya di detik-detik terakhir, usai Quartararo dan Marc Marquez terjatuh di Tikungan 5. Marquez sendiri harus puas mengisi slot terakhir di grid pertama.

Di tengah kondisi cuaca panas usai ‘dihajar’ hujan lebat di pagi hari yang sempat membuat FP3 untuk Moto3 ditunda, El Diablo berhasil tampil memukau. Kecepatan puncak terus diraihnya dengan perolehan waktu yang makin membaik di tiap lap.

Bagi pebalap tim Petronas Yamaha SRT ini, pencapaian pole position di MotoGP Thailand menjadi yang keempat diraihnya sepanjang musim balap MotoGP 2019.

Grid kedua dihuni kompatriot Fabio yaitu Franco Morbidelli, lalu Danilo Petrucci dan Jack Miller. Sayangnya, rival terdekat calon juara dunia MotoGP 2019, Andrea Dovizioso harus tersingkir di posisi ke 7.

Baca juga:  Jorge Lorenzo Pensiun dari MotoGP, Apa Komentar Marquez dan Rossi?

Diikuti Joan Mir dan Valentino Rossi yang terjatuh di Tikungan 4. Akhirnya, Alex Rins menutup posisi 10 besar dengan gap waktu 1,059 detik dengan pole position.

Tikungan 5 dari Sirkuit Buriram begitu banyak memakan korban para rider pada sesi kualifikasi MotoGP Thailand. Setidaknya di sana, Quartararo dan Marquez terjatuh di sana di sisa-sisa waktu kualifikasi. Sebelumnya, Rossi menjadi pebalap pertama yang terjatuh di tikungan tersebut.

Dengan mengisi slot ke 7, tentunya Dovi harus mampu merangsek ke depan saat start untuk menunda pesta lebih awal dari kemenangan Marquez yang keenam di ajang MotoGP. [dp/MTH]