Toyota Garap SUV Anyar Berbasis Yaris | dapurpacu.id

Toyota Garap SUV Anyar Berbasis Yaris

Platform GA-B, yang juga dipakai new Yaris, dikatakan juga bakal disematkan pada Yaris 'berjubah' SUV.

DAPURPACU – Platform modular anyar yang dikembangkan Toyota telah memudahkan pabrikan mobil terbesar Jepang itu untuk melahirkan beragam model baru dalam waktu singkat. Kabar terbaru, Toyota sedang mengembangkan model SUV kompak yang akan dirilis medio tahun ini.

Hal tersebut sebenarnya bukan kabar baru. Pasalnya, belakangan ramai dibicarakan tentang rencana raksasa otomotif itu tengah menggarap model SUV kompak baru yang akan diposisikan di bawah C-HR dan menggunakan platform GA-B, yang juga dipakai new Yaris.

Menurut laporan Auto Express, SUV anyar Toyota itu diperkirakan dirilis pada semester pertama tahun ini, yang akan bersaing dengan sejumlah model dari pabrikan lain, semacam Renault Captur dan Nissan Juke.

Crossover Toyota ini akan memiliki dimensi yang sama dengan kebanyakan model SUV kecil yang beredar saat ini, dengan panjang sekitar 4 meter. Itu artinya model ini akan menjadi SUV pertama Toyota yang masuk segmen B di Benua Eropa. Disebut-sebut SUV Toyota ini memang akan bersaing di pasar Benua Biru.

Executive Vice-President Toyota Eropa, Matt Harrison, mengatakan pasar SUV di segmen B terus bertumbuh, yang mengalihkan perhatian konsumen dari semula dari segmen C, yaitu sedan dan hatchback seperti Toyota Corolla dan VW Golf.

Harrison menambahkan bahwa meski pihaknya gembira dengan penerimaan pasar terhadap C-HR di Eropa, tapi diyakini bahwa masih ada celah pasar yang bisa diisi, yakni di segmen SUV kecil.

Untuk diketahui, SUV anyar yang berbasis new Yaris ini akan menjadi model kedua Toyota yang menggunakan arsitektur modular GA-B, yang dibekali suspensi MacPherson struts di depan dan torsion beam di suspensi belakang.

Dibandingkan dengan Yaris hatchback, SUV ini diperkirakan memiliki ukuran lebih panjang dan lebih tinggi sekitar 40 mm. Selain itu, model ini juga punya wheelbase lebih panjang serta lebih lebar. Platform GA-B juga kompatibel dengan suspensi multi-link di belakang, yang menandakan Toyota bisa menambahkan varian AWD juga.

Juga ada peluang baby SUV Toyota ini akan dibekali dapur pacu hybrid, yang disandingkan dengan mesin 1.5-liter bertenaga 113 HP yang dipakai Yaris hatchback dan front-wheel drive. Toyota juga berpeluang menawarkan mesin bensin 1.5-liter, yang akan dipasarkan di negara-negara tertentu atau tergantung permintaan pasar. [dp/TGH]