Penjualan Suzuki XL7 Berkontribusi Besar di Semester I 2020 | dapurpacu.id

Penjualan Suzuki XL7 Berkontribusi Besar di Semester I 2020


DAPURPACU – Sebagai model terbaru Suzuki, siapa sangka tampilan XL7 mampu membius konsumen di Indonesia, sejak mulai beredar di Tanah Air pada Februari 2020 lalu.

Bahkan pencapaian gemilang telah diraih low SUV ini di bulan pertamanya, di mana angka pemesanannya melebihi target awal yang dicanangkan, yakni 2.000 unit per bulan.

Namun siapa sangka, pandemi pun mulai merambah Indonesia, yang membuat ‘impian’ Suzuki pada XL7 sedikit terhambat akibat daya beli konsumen yang menurun drastis.

Semester pertama 2020 pun berakhir Juni lalu, tren industri otomotif mulai terlihat membaik meski pandemi belum memperlihatkan arah yang lebih baik. Tren itu terlihat pada minat konsumen terhadap low SUV.

Tercatat selama Januari – Juni lalu, total penjualan segmen ini mencapai 16,2%. Angka ini meningkat dari periode yang sama tahun lalu sebesar 12,4%. Berkat XL7, Suzuki pun merasakan potongan ‘kue’ itu.

Baca juga:  Jadi Supergiveaway IMX 2020, Begini Spesifikasinya

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan, saat ini masyarakat membutuhkan mobil yang bisa menemani aktivitas ke berbagai kondisi jalan di Indonesia, sesuai protokol kesehatan.

“Suzuki memiliki XL7 yang menawarkan kabin lapang sehingga maksimal menjaga jarak di dalam mobil, kompartemen banyak untuk menyimpan berbagai peralatan, serta fitur unggulan seperti Smart E-Mirror,” jelas Donny.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, lanjutnya, tak heran penjualan wholesales XL7 di bulan Juni lalu meningkat cukup pesat hingga 107,7%, dengan kontribusi 13,4% pada total penjualan Suzuki di bulan itu.

Donny menambahkan, tipe XL7 yang saat ini paling diminati adalah varian BETA sebesar 49%, lalu varian ALPHA yang digemari konsumen sebanyak 42%.

Sementara itu, warna putih (Snow White) untuk pilihan single tone, mendominasi sebesar 34%, diikuti kelir Cool Black Metallic sebanyak 27%. Sedangkan untuk dual tone, yang paling banyak diminati adalah color icon XL7 ALPHA yakni Rising Orange + Black sebesar 13% dari seluruh penjualan XL7.

Baca juga:  Permintaan Test Drive Meningkat, Suzuki Optimalkan Pelayanan

Angka ini turut berkontribusi terhadap lebih dari 13% penjualan mobil penumpang Suzuki dengan warna-warna terang (biru, oranye, merah) di paruh pertama tahun 2020.

“Peningkatan penjualan XL7 membuktikan model andalan Suzuki ini semakin diminati konsumen, terlebih bagi masyarakat membutuhkan kendaraan untuk beraktivitas kembali bersama keluarga,” tutup Donny. [dp/MTH]