Upaya Pertamina Bikin 'Melek' Pemilik Kendaraan Akan BBM Berkualitas | dapurpacu.id

Upaya Pertamina Bikin ‘Melek’ Pemilik Kendaraan Akan BBM Berkualitas


DAPURPACU – Upaya Pertamina menciptakan iklim udara yang baik di Indonesia salah satunya adalah menghadirkan bahan bakar berkualitas. Hal ini bertujuan agar emisi gas buang yang dikeluarkan kendaraan dapat diminimalisir.

Di sini, peran dari ketersediaan bahan bakar (BBM) yang dikeluarkan oleh Pertamina seperti Pertamax Series dan Dex Series, juga diklaim mampu mengurangi polusi udara.

Hal ini dikatakan oleh Eko Kristiawan, Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III. Menurut Eko, pihaknya terus berupaya mengajak masyarakat pemilik mobil atau sepeda motor, untuk menggunakan bbm berkualitas.

Dia memaparkan, baik Pertamax series maupun Dex series telah dibubuhi aditif khusus, sehingga menghasilkan pembakaran yang sempurna, dan demulsifier untuk menjaga bahan bakar terkontaminasi air.

“Dengan memiliki formula aditif khusus yakni antikarat untuk mencegah korosi, serta detergen buat membersihkan deposit di ruang bakar, membuat pembakaran menjadi lebih sempurna,” tuturnya, disela diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif (FORWOT), Jumat (11/9) lalu.

Dengan aditif tersebut, lanjut Eko, produk bensin dengan angka oktan diatas 90 bisa menghasilkan pembakaran yang sempurna, sehingga menghasilkan emisi gas buang yang lebih sedikit.

“Karena itu, masyarakat yang menggunakan BBM berkualitas tak hanya dapat menjaga mesin kendaraan, namun turut serta menjaga kualitas udara supaya lebih bersih,” ujar Eko menambahkan.

Untuk menjaga kualitas udara ini, Pertamina memiliki beberapa varian produk BBM yang dapat digunakan sesuai dengan jenis dan spesifikasi kendaraan.

Untuk kendaraan bermesin bensin dapat menggunakan BBM jenis Pertalite (RON 90), Pertamax (RON 92), atau Pertamax Turbo (RON (98). Sementara bagi kendaraan diesel, tersedia varian produk Dexlite dan Pertamina Dex.

“Saat ini, di mana sebagian masyarakat sudah menggunakan kendaraannya, kami mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kualitas udara dengan memakai BBM berkualitas itu,” pungkas Eko. [dp/MTH]