Peugeot 508 PSE, Amunisi 'Pug' di Ajang Balap Le Mans | dapurpacu.id

Peugeot 508 PSE, Amunisi ‘Pug’ di Ajang Balap Le Mans


DAPURPACU – Teknologi ramah lingkungan terus dikembangkan oleh pabrikan mobil. Meski begitu, pabrikan pun berupaya tetap memberikan kesenangan berkendara dengan menyusupkan performa mesin mumpuni demi memuaskan hasrat para pecinta kecepatan.

Hal tersebut nampaknya diterapkan oleh Peugeot Global, yang digarap penuh oleh divisi performa tinggi. Peugeot 508 PSE (Peugeot Sport Engineered) menjadi buktinya.

Berbekal mesin hibrida, para insinyur Peugeot berhasil menghadirkan performa mesin yang memuaskan namun tetap ramah lingkungan, seperti yang terus dikembangkan berbagai pabrikan mobil dunia.

Dua varian 508 PSE ditawarkan yakni sedan dan station wagon (SW). Hadirnya model ini sekaligus mengumumkan kembali ‘Pug’ di ajang World Endurance Championship (WEC) pada Le Mans Hypercar (LMH) mulai 2022 mendatang.

Mengusung mesin 4 silinder 1.600 cc turbocharge menghasilkan tenaga 360 hp dengan torsi puncak, dipadukan dengan transmisi otomotis 8 percepatan yang disalurkan ke empat rodanya.

Konfigurasi tersebut memberikan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 5,2 detik, dengan kecepatan maksimum 250 km/jam. Berbagai penyesuaian demi menciptakan sensasi berkendara pun dilakukan.

Pertama, mengoptimalkan kekuatan shock absorption dengan tiga mode (Comfort/Hybrid/Sport), merendahkan dan melebarkan posisi jok, penggunaan rem cakram berdiameter 380 mm dan velg 20 inchi dengan ban performa tinggi.

Dua motor listrik dipasangkan di bagian depan dan belakang mobil. Kekuatan traksi yang ditawarkan pun semakin optimal. 508 PSE dijadwalkan akan diproduksi di Mulhouse, Prancis. [dp/MTH]