BMW Indonesia Gunakan Z4 GT3 Buat Balap Virtual ini | dapurpacu.id

BMW Indonesia Gunakan Z4 GT3 Buat Balap Virtual ini


DAPURPACU – BMW Indonesia menggelar kompetisi balap virtual menggunakan simulator bertemakan ‘Race Against Pandemic’. Disebutkan bahwa ajang ini telah mendapat pengakuan Komisi E-Motorsport dari Ikatan Motor Indonesia.

Peresmian kompetisi ditandai dengan pengujian secara virtual menggunakan BMW Z4 GT3 di sirkuit Nürburgring GP, yang dilakukan Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia bersama Rizal Sungkar, Organizing Committee (OC) Balap di Rumah (BDR).

BMW Z4 GT3 sendiri resmi didapuk sebagai official car pada ajang yang menggunakan aplikasi game online Assetto Corsa itu. Ajang ini diikuti 100 peserta dan dimulai sejak 26 September lalu.

Tidak hanya para online gamers, kompetisi ini juga diikuti sejumlah pebalap ternama seperti Sean Gelael, Satrio Hermanto, Rama Danindro, Bani Ismiarso, Arwin Taruna, Jaka Siswoyo dan Fickry Segeir.

“BMW Indonesia ingin hadir di tengah generasi muda dan mereka yang berjiwa muda, untuk mengenal brand BMW lebih jauh melalui BDR: Race Against Pandemic,” kata Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

Baca juga:  Pro Driver vs Sim Racer Kembali Memanas di Ronde Ke-4

Rizal mengakui bahwa pandemi telah menghentikan serangkaian agenda motorsport di seluruh dunia, namun di sisi lain, kondisi ini telah memacu perkembangan eSports.

Di Indonesia, lanjut Rizal, terhitung sejak 26 Agustus lalu, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi mengakui eSports sebagai sebuah cabang olahraga prestasi di Indonesia.

“Untuk itu kami yakin kejuaraan balap simulator ini menjadi penting bagi pebalap professional yang kehilangan agenda motorsport dan juga bagi Sim Racer,” ujar adik Rifat Sungkar ini.

Ajang BDR: Race Against Pandemic bakal dilaksanakan sebanyak 5 putaran, plus satu kali test race pada 23 September di sirkuit virtual Red Bull Ring, Austria.

Putaran pertama telah digelar pada 26 September lalu di sirkuit Nürburgring Nordschleife, Jerman. Dilanjutkan seri ke-2 pada 3 Oktober di sirkuit Spa Francorchamps, Belgia.

Kemudian untuk putaran ke-3 dihelat pada 10 Oktober di sirkuit Mugello, Italia, dan seri ke-4 pada 17 Oktober mendatang di sirkuit Silverstone, Inggris.

Baca juga:  Pro Driver vs Sim Racer Kembali Memanas di Ronde Ke-4

Seri pamungkas ajang BDR: Race Against Pandemic, dijadwalkan digelar di sirkuit Imola, Italia, pada 24 Oktober 2020. Even ini bisa disaksikan secara live streaming di akun Youtube Balap Di Rumah dan juga platform streaming MAXStream. [dp/MTH]