Jangan Salah Pengertian Warranty dan Garansi

DAPURPACU – Agen pemegang merek mobil di Indonesia secara langsung bakal memberikan garansi (warranty) untuk waktu dan jarak tempuh tertentu kepada saat membeli unit baru.

Hal ini merupakan bagian dari kemudahan layanan purna jual kepada pemilik mobil kala memiliki kendaraaan. Misalnya Astra Peugeot, yang memberikan warranty sampai lima tahun atau 100.000 km.

Sepintas, mudah memahaminya. Tapi pada kenyataannya, pemahaman perihal warranty ini belum sepenuhnya tepat. Nah agar tidak salah, berikut pengertian dan batasannya agar dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Bila mengacu pengertian bebas, warranty diartikan sebagai garansi. Padahal garansi (guarantee) secara harfiah merupakan jaminan kualitas dari produsen atas produk yang dijual secara umum.

Berbeda dengan warranty yang lebih kepada perbaikan dan penggantian item atau bagian barang/jasa. Pengertian tersebut bersifat parsial dan bisa disebutkan bagian dari garansi.

Aidil Swastomo, Head of Aftersales Astra Peugeot menuturkan, secara umum warranty yang dikeluarkan pabrikan mencakup adanya kerusakan pada komponen yang disebabkan kualitas produk diluar pemakaian suku cadang yang memiliki usia pakai.

Baca juga:  Tips Jaga Kondisi Mobil Pasca Mudik Ala Astra Peugeot

“Perihal tersebut dijelaskan secara rinci pada buku maintenance & warranty guide yang diberikan saat konsumen membeli mobil baru,” tutur Aidil, dalam siaran resminya.

Pabrikan memberikan warranty untuk komponen yang rusak yang disebabkan kesalahan produk dan bukan suku cadang yang habis disebabkan oleh usia pakai, seperti komponen fast moving.

Komponen-komponen tersebut seperti kampas rem, oli, filter, busi serta ban, dan tidak termasuk dalam warranty pemegang merek atau pabrikan.

Warranty bersifat terbatas. Artinya, hanya berlaku pada komponen terbatas yang bermasalah. Semisal komponen bermasalah di sekitar mesin atau bagian suspensi, bukan berarti harus mengganti mobil.

Pihak pabrikan hanya berkewajiban pada komponen yang bermasalah hingga bagian tersebut berfungsi secara laik dan normal. Sementara dari segi waktu maupun jarak, ada batasan waktu atau periode tertentu yang disepakati.

Astra Peugeot memberikan warranty mulai dari 3 tahun hingga 5 tahun, atau 100 ribu km (mana yang tercapai terlebih dahulu). Artinya Warranty yang berlaku hanya pada kurun waktu tersebut.

Baca juga:  Tips Jaga Kondisi Mobil Pasca Mudik Ala Astra Peugeot

Hal ini berlaku jika mobil rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi Peugeot, sesuai buku panduan perawatan kendaraan yang diberikan. [dp/MTH]

Previous articleUpaya Mobil Lubricants Terapkan Protokol Kesehatan pada Transportasi Umum
Next articleSuzuki Tantang Netizen Modifikasi XL7 dan GSX-150