Soldini dan Maserati Multi 70 Siap Bertarung di Rolex Middle Sea Race | dapurpacu.id

Soldini dan Maserati Multi 70 Siap Bertarung di Rolex Middle Sea Race


DAPURPACU – Tim Giovanni Soldini dan Maserati Multi 70 bersiap untuk melanjutkan kembali kejuaraan Rolex Middle Sea Race, yang telah dimulai sejak 17 Oktober lalu.

Lomba kapal layar bersejarah edisi ke-41 yang digagas Royal Malta Yacht Club, ini sempat tertunda pada Februari dikarenakan pandemi yang sedang berlangsung di seluruh dunia.

Atas kondisi tersebut, Soldini dan krunya terhenti di Marina di Ragusa, Sisilia, di mana mereka akan berlayar untuk tiba di Valletta hanya beberapa jam sebelum lomba dimulai.

“Sayangnya virus masih menjadi masalah dan kami ingin memastikan bahwa semua orang seaman mungkin, termasuk kru. Kami setuju untuk tidak akan mendarat, mengurangi risiko penularan,” ucap Soldini.

Giovanni Soldini

Grup pertama dari 57 kapal yang mengikuti perlombaan, 11 di antaranya berasal Italia, akan berlayar pada 17 Oktober pukul 11.00 pagi waktu setempat. Sementara grup terakhir yang memulai adalah multihull, di antaranya Maserati Multi 70.

Di kategori multihulls, Tim Maserati Multi 70 akan menantang lima kompetitor. Saingan langsung mereka adalah MOD 70 Mana (mantan Spindrift), yang dipimpin oleh Brian Thompson.

“Thompson adalah nakhoda yang hebat. Kami sudah berlomba melawannya berkali-kali, baik di atas Phaedo3 dan, baru-baru ini, di atas Argo: ini akan menjadi balapan yang hebat,” komentar Soldini.

Soldini menjelaskan, untuk edisi lomba layar ini timnya akan balapan dalam mode MOD klasik. Di sisi lain, dia sedang mengembangkan aset terbaru dengan kemudi tengah, papan belati, dan foil mutakhir secara radikal, yang diklaim membawa perubahan dalam lomba tersebut.

“Kami akan mengerjakannya selama beberapa bulan lagi, jadi untuk saat ini kami harus berlayar dengan lampiran MOD,” imbuhnya.

Di atas kapal trimaran Italia, Soldini akan didukung tujuh orang kru yang telah berprestasi di beberapa ajang lomba kapal layar. Dia dan tim sudah berpartisipasi dalam dua edisi Rolex Middle Sea Race (2016 dan 2018).

Dengan kapal Maserati Multi 70, telah memenangkan Line Honors dua kali dan, pada 2016 mencetak rekor multihull baru (2 hari, 1 jam, 25 menit dan 1 detik).

Kapal akan berlayar berlawanan arah jarum jam di sekitar Sisilia, meninggalkan Favignana, Pantelleria, dan Lampedusa ke pelabuhan, sebelum kembali ke Valletta menuju garis finish, dengan jarak tempuh 970 km lebih. [dp/MTH]