DAPURPACU – Daihatsu Xenia nampaknya sudah mulai ‘kedodoran’ dipenghujung tahun ini. Angka pengiriman low MPV ini ke dealer (wholesales) Oktober lalu tercatat hanya mencapai ratusan.
Begitu juga dengan penjualan ritelnya, yang membuat posisinya harus keluar dari posisi lima besar lini model Daihatsu di Indonesia, setelah beberapa bulan terus menguntit di belakang Terios.
Sepanjang Oktober lalu, retail sales Xenia hanya terjual sekitar 500-an unit, sehingga sepanjang tahun ini (Januari – Oktober) mencapai 7.968 unit. Dari jumlah itu, kontribusi Xenia hanya sebanyak 9,8%.
Sementara untuk posisi pertama masih digenggam oleh Astra Sigra dengan penjualan total 21.700 unit. Dengan hasil ini, kontribusi LCGC berkapasitas 7 penumpang ini sebesar 26,6%.
Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor mengakui, memasuki kuartal IV ini, penjualan otomotif nasional belum menunjukkan pergerakan secara signifikan di tengah kondisi pandemi Covid-19.
Hal itu dibuktikan penjualan otomotif secara nasional per Oktober 2020 lalu berada dikisaran 450 ribu untuk retail sales dan 420 untuk whole sales.
“Melihat data penjualan sementara pada bulan lalu, capaian retail sales Daihatsu menyentuh 81.623 unit dengan peningkatan market share menjadi 18% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 16,9%,” tambahnya.
“Sedangkan pada whole sales, secara total mencapai 77.471 unit dengan peningkatan market share menjadi 18,4% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2019 sebesar 17,7%.”
Setelah Sigra, posisi kedua masiih diisi Gran Max Pick-Up yang berhasil terjual sebanyak 19.058 unit atau setara dengan 23,3%. Sedangkan posisi ketiga diisi Terios dengan jumlah penjualan mencapai 11.891 unit (14,6%).
Adapun Ayla menyusul dengan hasil penjualan sebesar 10.478 unit (12,8%), kemudian di posisi kelima diisi oleh Gran Max dengan penjualan sebesar 8.081 unit, setara 9,9% dari total penjualan Daihatsu.
Gabungan penjualan Luxio dan Sirion mampu mengumpulkan penjualan sebanyak 2.447 unit atau berkontribusi 3% dari total penjualan Daihatsu sepanjang tahun ini.
Dengan begitu, total penjualan retail sales Daihatsu sepanjang Januari-Oktober mencapai 81.623 unit kendaraan. Jumlah ini sangat jauh bila dibandingkan dengan periode yang sama 2019 yang menggapai 143.217 unit terjual.
“Secara bulanan, retail sales Daihatsu pada Oktober 2020 tercatat sebanyak 8.135 unit, atau naik sekitar 5,4% dibandingkan September 2020 lalu sebesar 7.721 unit,” kata Amelia lebih lanjut.
“Kami bersyukur penjualan Daihatsu hingga Oktober tahun ini tetap mencatatkan hasil positif di tengah masa pandemik,” pungkasnya. [dp/MTH]