Produk Lokal Suzuki Indonesia Dominasi Penjualan di 2020 | dapurpacu.id

Produk Lokal Suzuki Indonesia Dominasi Penjualan di 2020

Suzuki New Carry Pick Up berkontribusi besar pada penjualan produk lokal sepanjang 2020.

DAPURPACU – Jajaran mobil Suzuki yang diproduksi di Indonesia terus berkontribusi pada penjualan sepanjang 2020 lalu. Dibuktikan dengan perolehan wholesales dan retail sales lebih baik dari tahun sebelumnya.

Seperti diketahui, 2020 menjadi tahun penuh tantangan di semua sektor, salah satunya industri otomotif, di mana pasar roda empat turun sekitar 50 persen.

Untuk Suzuki Indonesia, sepanjang periode Januari – Desember mampu mencapai wholesales 65,9 persen dan retail sales 70,4 persen. Pencapaian ini diklaim lebih baik ketimbang tahun sebelumnya.

Dari jumlah terssbut, kontribusi model yang diproduksi di Cikarang dan Tambun, mampu menorehkan angka lebih dari 90 persen terhadap total penjualan nasional Suzuki selama 2020.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales mengakui bahwa tahun lalu menjadi era yang berat untuk semua sektor perekonomian, termasuk industri otomotif.

“Namun kami berhasil melewatinya dengan cukup baik berkat program-program yang fokus pada penjualan produk lokal. Kontribusi produk lokal Suzuki pada 2020 sebesar 91,1 persen untuk wholesales dan 90,6 persen untuk retail sales,” ujar Donny.

Baca juga:  Suzuki Bakal Sediakan Unit APAR di Semua Model

“Fokus pada pengembangan dan pemasaran produk lokal ini juga bertujuan untuk mendukung pemulihan industri otomotif dalam negeri,” terang Donny, dalam siaran resminya.

Berdasarkan angka, New Carry Pick Up menjadi produk lokal dengan kontribusi penjualan terbesar dengan wholesales sebesar 57,6 persen dan retail sales 57,9 persen.

Disusul XL7 dengan pencapaian 14,9 persen untuk wholesales dan 11,8 persen untuk retail sales. Dilanjutkan dengan All New Ertiga yang berkontribusi 11,4 persen pada wholesales dan 13,3 persen retail sales.

“Kami juga terus memastikan seluruh operasional Suzuki di Indonesia termasuk diler serta produk yang diterima konsumen sesuai dengan protokol kesehatan dan telah melalui proses desinfektan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan,” tutup Donny.

Selain ketiga produk itu, APV dan Karimun Wagon R juga merupakan produk buatan lokal yang berkontribusi pada penjualan Suzuki baik di dalam negeri maupun pasar ekspor. [dp/MTH]