GP Inggris, Perdana Vinales Raih Start Posisi Kedua

DAPURPACU – Sejarah pun terukir, untuk pertama kalinya Maveric Vinales mampu mencetak hasil kualifikasi terbaik sejak pebalap Spanyol itu bermukim di tim pabrikan Italia itu.

Vinales berhasil mencetak posisi kedua saat start nanti di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada balap lanjutan di paruh musim pembuka MotoGP 2022, Minggu (7/8).

Pencapaian ini sekaligus menjadi yang perdana bagi The Top Gun sejak Assen musim lalu. Dengan hasil ini seperti jawaban dari Vinales akan kinerjanya pada Aprilia RS-GP yang terus meningkat.

Pada sesi kualifikasi, Top Gun mampu mencetak waktu terbaik 1 menit 57.865 detik, atau +0,098 detik lebih lambat perolehan Johann Zarco yang merebut pole position di salah satu sirkuit favorit pebalap Spanyol tersebut.

Rekan Aleix Espargaro ini mengaku sangat nyaman dengan tunggangannya dan dirinya merasa yakin untuk bisa berjuang mendapatkan kemenangan pertamanya bersama Aprilia.

Baca juga:  JMC Gelar Sharing Session Sekaligus Nobar MotoGP Jepang 2022

“Saya tidak pernah merasakan begitu nyaman di atas motor dengan putaran tercepat, tapi yang jelas ini bukan sebuah kebetulan,” buka Vinales usai kualifikasi.

“Saya juga merasa baik dalam hal kecepatan. Ada banyak pebalap yang cepat dan konsisten, tetapi kami memiliki apa yang diperlukan untuk memadukannya,” imbuhnya.

“Ini akan menjadi akhir pekan yang baik dan saya merasa siap untuk balapan. Bersama Aprilia kami ingin berjuang untuk posisi teratas (kemenangan) dan di hari balapan saya memiliki kesempatan untuk melakukannya. Saya akan mencobanya tanpa ragu dan saya akan menekan sejak lap pertama,” tandasnya.

Lain hal dengan Aleix, yang harus puas mengisi posisi 6 saat start nanti. Penampilannya yang terbilang solid dan kompetitif hingga paruh musim, harus mengalami kecelakaan menakutkan di seri ini.

Saat sesi latihan bebas keempat (FP4), Aleix mengalami highside cukup keras dalam kecepatan 200 km/jam di tikungan 12 pada lap ketiga. Setelah itu dia langsung dibawa ke Medical Center.

Baca juga:  JMC Gelar Sharing Session Sekaligus Nobar MotoGP Jepang 2022

Dugaan awal, Aleix mengalami cedera engkel atau bahkan patah tulang imbas dari kecelakaan hebat tersebut. Namun semua kekhawatiran itu tidak terbukti.

Kondisi Aleix akan dinilai dalam beberapa jam mendatang karena jika rasa sakitnya bertambah, kemungkinan tidak bisa mengikuti balapan hari ini.

“Saya merasa baik dengan motor. Saya berusaha terus melaju dan ternyata puncak lajunya cukup keras. Rasa sakit (pasca-kecelakaan) semakin terasa, tim dan dokter memutuskan bahwa saya harus beristirahat, dan mereka akan mengevaluasi kondisi setelah berlatih,” paparnya.

“Jelas saya akan melakukan segalanya untuk berada di lintasan, tapi, karena ini adalah bagian yang sangat ditekankan dalam panduan, kami harus memahami apakah itu memungkinkan,” tutup Aleix. [dp/MTH]