Hyundai Stargazer Masih Aman Minum Pertalite, Garansi Mesin Tidak Gugur

DAPURPACU – Hyundai Stargazer jadi pendatang baru di Indonesia untuk pasar kendaraan low MPV. Di segmen ini terbilang banyak dihuni pemain yang cukup lama mengisi pasar tersebut.

Sementara itu, harga bahan bakar jenis Pertalite yang dikabarkan bakal naik dalam waktu dekat ini pun menjadi pertanyaan cukup menarik. Apakah Stargazer masih aman menenggak Pertalite?

Seperti diketahui, Pertalite merupakan bahan bakar untuk kendaraan yang dibanderol dengan harga yang paling terjangkau untuk saat ini. Sedangkan Stargazer dibekali mesin teknologi terkini yang dianjurkan untuk mengonsumsi bahan bakar oktan tinggi.

“Garansi gugur? Tidak, jadi ini clear ya, boleh pake Pertalite, boleh, garansi tidak akan gugur,” ungkap Chief Operating Officer HMID, Makmur disela-sela acara Stargazer Driving Day, Malang, Jawa Timur, Kamis (31/8).

Makmur memaparkan bahwa pada dasarnya yang penting (BBM) tanpa timbal. Dan dalam hal ini pihak Hyundai tidak bisa melarang konsumen pada saat ingin memakai Pertalite.

Baca juga:  Ubahan Pada New Xpander Cross Tidak Layak Disebut Facelift

Tapi jika menggunakan kendaraan, lanjut dia, juga harus mendapatkan fun to drive-nya. Maka, Hyundai merekomendasikan bahan bakar sesuai standar dari pabrikan.

“Kalau untuk mengejar performa, sekarang kita lihat mobil-mobil ini kompresinya juga tinggi. Jadi butuh oktan yang tinggi juga,” imbuhnya.

“Karena di Indonesia tidak ada bahan bakar dengan Research Octane Number (RON) 91, maka yang disarankan adalah Pertamax 92. Dan Stargazer tidak disarankan minum Pertalite yang RON-nya 90,” jelas Makmur.

Untuk diketahui, Hyundai Stargazer dibekali mesin 1.497 cc Multi Point Injection, 4-silinder, 16-katup, yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 113,4 dk di 6.300 rpm dan torsi puncak 144,1 Nm pada 4.500 rpm.

Rasio kompresi mesin Hyundai Stargazer 1:10,5 dan bahan bakar yang direkomendasi dari Hyundai Global adalah menggunakan BBM RON 91. [dp/IS]