Begini Performa Mitsubishi di 2022, Xpander Tetap Jadi Backbone Penjualan

DAPURPACU – Sepanjang 2022, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berhasil membukukan angka penjualan 97.936 unit, dengan penguasaan pasar sebesar 10,6 persen.

Secara rinci, kendaraan penumpang Mitsubishi membukukan penjualan sebanyak 69.629 unit, dimana model Xpander termasuk Xpander Cross mencatatkan angka total 49.917 unit.

Dengan jumlah ini, kedua model small MPV unggulan pabrikan berlambang tiga berlian ini mencatatkan penguasaan pangsa pasar 24,4 persen. Disusul Pajero Sport dengan pencapaian sebesar 19.686 unit atau menguasai 40,3 persen market share segmen medium SUV (2.500 cc).

Sementara untuk model-model kendaraan penumpang lainnya berhasil terjual 26 unit. Sementara itu, lini produk niaga ringan berhasil membukukan total 28.307 unit, yang menguasai pasar 15,9 persen.

Mitsubishi L300 yang sebentar lagi kembali di produksi di Indonesia, terus menguasai segmen small pick-up 4×2 sebesar 55 persen dengan penjualan sebanyak 19.161 unit.

Baca juga:  Menilik Personalisasi Mitsubishi Xpander Cross Limited Edition

Diikuti Triton 4×4 yang mengisi segmen Small Pick-Up 4×4 di Indonesia, meraih penjualan sebanyak 9.013 unit dan menguasai pangsa pasar 40 persen.

Layanan Terbaik, Unit Entry Meningkat

Dari sisi purnajual, MMKSI juga mendapatkan pencapaian positif, di mana selama tahun lalu total kendaraan datang (unit entry) untuk melakukan servis dan perawatan naik sebesar 7 persen dibandingkan 2021.

Selain itu, pertumbuhan penjualan suku cadang, aksesoris maupun genuine part juga mengalami peningkatan sebesar 7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Hal ini tentunya menjadi motivasi MMKSI untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan layanan yang sudah ada,” jelas Presiden Direktur MMKSI, Atsushi Kurita, disela temu media, Rabu (5/4).

Sebagai informasi, di tahun lalu MMKSI telah meluncurkan model penyegaran dari Xpander Cross dan L300, untuk menjawab kebutuhan konsumen khususnya para pebisnis pada pikap andalannya itu.

MMKSI juga turut mempercepat perkembangan mobil listrik di Indonesia, dengan memanfaatkan Minicab MiEV untuk melakukan studi bersama beberapa mitra dari perusahan lokal ternama di Indonesia.

Baca juga:  Cara Mitsubishi XForce Pendekatan ke Konsumen 'Jetset' di Karawang

Tak kalah penting, Xpander dan Xpander Cross telah terjual lebih dari 270.000 unit dalam 5 tahun, sejak 2017 silam. Berarti keduanya rata-rata per tahun telah terjual sebanyak 50 ribu unit dengan pangsa pasar 25 – 30 persen.

Dari sisi layanan, sepanjang 2022 lalu, MMKSI melanjutkan perkembangan jaringan diler resmi, serta fasilitas Bodi dan Cat resmi di beberapa daerah di Indonesia.

Total empat jaringan baru telah dioperasikan dan dua fasilitas authorized Bodi & Cat yang telah dibuka selama tahun fiskal 2022.

Sehingga sampai saat ini diler resmi yang sudah dibuka berjumlah 167 diler untuk kendaraan penumpang dan niaga ringan, serta 22 fasilitas authorized Bodi & Cat di Indonesia.

Selain itu, MMKSI terus mengembangkan fasilitas digital yang mendukung proses bisnis, seperti My Mitsubishi Motors ID (MMID), MIRA. Plus hadirnya gerai suku cadang resmi Mitsubishi di platform e-commerce. [dp/TH]

Previous articleBengkel Resmi DFSK ini Tetap Beroperasi Selama Libur Lebaran
Next articlePelumas Federal Oil dan Mobil Lubricants Bakal Banyak Tersedia di Pasar