DAPURPACU – Tren penjualan positif masih ‘mengawal’ Daihatsu hingga memasuki bulan pertama kuartal kedua. Selama periode Januari-Mei lalu berhasil membukukan angka 87.193 unit (retail).
Jumlah ini melonjak sekitar 18,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yang hanya mencapai sekitar 73 ribuan unit.
Dengan hasil tersebut, pabrikan mobil asal Jepang ini mampu menguasai pangsa pasar otomotif nasional sebesar 20,6 persen, atau naik 1,3 persen dibanding periode serupa 2022 yaitu hanya 19,3 persen.
Sementara itu, secara nasional, penjualan ritel hingga Mei lalu mencapai sekitar 422 ribu unit, naik 10,7 persen dibanding periode 2022 lalu sebanyak 381 ribu unit.
Secara kontribusi, Sigra terus menjadi penyumbang terbesar penjualan ritel sebanyak 27.348 unit atau setara 31,4 persen dari total penjualan Daihatsu per Mei 2023.
Diikuti Gran Max PU yang masih menjadi pilihan mobil komersial favorit berkat penjualannya yang mencapai 18.120 unit (20,8%), Terios yang telah terjual 12.069 unit atau setara 13.8 persen.
Di tempat keempat, Daihatsu Ayla berhasil terjual sampai dengan 10.391 unit atau 11,9 persen dari total penjualan Daihatsu per Mei 2023.
Dilanjutkan oleh Xenia sebagai penutup lima kontributor terbesar penjualan ritel Daihatsu dengan perolehan sebesar 9.854 unit atau setara 11,3 persen.
Di bawahnya dihuni Gran Max Minibus yang terjual 4.987 unit (5,7%), Rocky 2.899 unit (3,3 persen), serta Luxio dan Sirion yang berhasil mencatatkan 1.525 unit (1,7%).
Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation berharap capaian positif ini dapat terus berlanjut di bulan-bulan berikutnya.
“Kami pun berharap pasar otomotif tahun ini dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” tutup Hendrayadi, dalam keterangan tertulisnya. [dp/TH]