Gandeng UI, Bentuk Komitmen Honda Kembangkan Teknologi Kendaraan Listrik

DAPURPACU – PT Honda Prospect Motor (HPM) terus memperkenalkan tiga pilar elektrifikasi yang tengah gencar dilakukan, yaitu Honda Automobile, Honda Motorcycle dan Honda Power Products.

Kali ini diwujudkan dengan dilakukannya penandatanganan kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk mengembangkan teknologi kendaraan listrik, Senin (26/6).

Penandantanganan dilakukan langsung Presiden Direktur HPM Kotaro Shimizu dan Wakil Presiden Direktur HPM Benawati Abas, dan dari pihak civitas UI oleh Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA.

Pada kerja sama tersebut pihak HPM meminjamkan dua unit mobil listrik Honda e, satu unit sepeda motor Honda PCX Electric dan satu unit power product Honda’s LiB-AID E500.

Disela sambutannya, Shimizu mengatakan bahwa kolaborasi yang terjalin ini untuk mendukung pembelajaran di lingkungan civitas universitas ternama di bilangan Depok, Jawa Barat itu.

Baca juga:  DRMA Optimalkan Produksi Komponen Kendaraan Listrik Tahun ini

Sekaligus, lanjut dia, sarana penelitian untuk kendaraan listrik sebagai pendukung mobilitas yang ramah lingkungan di Indonesia.

“Kolaborasi ini merupakan jembatan antara industri dan akademisi, menggabungkan pengetahuan dan sumber daya mewujudkan visi kami untuk elektrifikasi di Indonesia,” ujarnya.

Sebagai bagian dari transfer pengetahuan, nantinya Honda akan memberikan kelas edukasi dan workshop kepada para mahasiswa UI selama tiga tahun di HPM. Termasuk kesempatan magang.

Bahkan, Honda juga mendukung tim mahasiswa UI di ajang Shell Eco Marathon Asia 2023 dalam kegiatan rancang bangun kendaraan hemat energi, di Sirkuit Mandalika, Lombok, 4-9 Juli 2023.

Wakil Rektor Dedi menuturkan, pihaknya berharap bisa mengikuti perkembangan teknologi otomotif, khususnya mobil Honda. Termasuk perkembangan kendaraan listriknya.

“Honda akan meminjamkan mobil listrik dua unit di UI dan juga ada motor listrik. Sebetulnya, ini bagian dari program UI untuk mengurangi emisi gas CO2 di lingkungan kampus,” imbuhnya.

Baca juga:  DRMA Optimalkan Produksi Komponen Kendaraan Listrik Tahun ini

“Upaya mengurangi emisi ini salah satunya ditempuh dengan menerapkan solusi transportasi berkelanjutan, melalui promosi transportasi umum, penggunaan sepeda atau berjalan kaki, serta penciptaan kendaraan listrik,” tandasnya.

Sebagai bagian dalam kerja sama tersebut HPM juga turut mendonasikan charging station dan satu unit Honda Brio, sebagai alat penelitian untuk mahasiswa Teknik UI.

Sebelumnya, Honda telah menghadirkan pengalaman Honda e:Technology pada acara Honda e:Technology Media Experience yang dilaksanakan pada 10 April 2023 di Karawang.

Kegiatan serupa berlanjut di Honda Dreams Café, Jakarta Selatan, dengan menampilkan Honda e, Honda PCX Electric dan Honda’s LiB-AID E500, 12 Mei – 31 Juli 2023. [dp/TH]

Previous articleJangan Salah Pilih Lampu Bi-LED Projector, ini Panduannya
Next articleAngka Ekspor Chery Omoda 5 Raih Posisi ke Enam di Tiongkok