GIIAS 2023, Daihatsu Tampilkan Mobil Konsep Niaga Berbasis Gran Max

DAPURPACU – Dapat dikatakan Daihatsu Vizion-F menjadi upaya aktif pabrikan mobil asal Jepang ini dalam mengembangan kendaraan listrik menuju era elektrifikasi di masa depan.

Dan kini, kendaraan listrik konsep hasil garapan insinyur Daihatsu Motor Company (DMC) Jepang dapat disaksikan pada booth Daihatsu selama pameran GIIAS 2023 digelar.

Vizion-F sendiri merupakan kendaraan segmen komersil untuk aktivitas logistik yang efisien bagi para pelaku bisnis, sekaligus mendukung netralitas karbon untuk masa depan yang lebih baik.

President Director PT Astra Daihatsu Motor, Yasushi Kyoda mengatakan, Daihatsu Vizion-F merupakan mobil konsep BEV (Battery Electric Vehicle) yang dapat menjadi solusi mobilitas baru dalam beragam aktivitas penggunaan.

“Mobil konsep niaga ini menunjukkan kapabilitas R&D Daihatsu Indonesia dalam melakukan pengembangan konsep mobil listrik sesuai strategi utama Dari Indonesia Untuk Indonesia,” tuturnya.

Di atas kertas, Vizion-F menggunakan basis platform dari Gran Max yang dikonversikan dari ICE (Internal Combustion Engine) menjadi EV (Electric Vehicle).

Baca juga:  Daihatsu Turut Ramaikan Ajang IIMS 2024, Ada Hadiah Menarik

Sesuai namanya, mobil ini didesain dengan konsep Vision, Zero Emission dan Futuristic, Functional, Fun & Friendly, yang menggambarkan sebuah mobil masa depan ramah lingkungan yang dapat mendukung aktivitas masyarakat, baik untuk bisnis maupun pribadi.

Tak hanya itu, Vizion-F diklaim juga cocok untuk berbagai aktivitas seperti unit rescue (kendaraan penyelamat yang dipasangi baterai yang dapat memasok listrik saat keadaan darurat).

Mobil konsep ini bisa juga ‘disulap’ menjadi truk makanan (kafe keliling) tanpa perlu genset, tempat berkemah (camper van), dan kendaraan dinas atau operasional yang dapat memberikan suplai listrik darurat ke kendaraan listrik.

Secara keseluruhan, desain Daihatsu Vizion-F mengadopsi konsep stlish dan futuristik dalam balutan warna silver & grey, plus aksen warna electric yellow pada bodi mobil yang menjadi representasi dari kendaraan listrik.

Desain bumper depan dan pintu belakang dilengkapi dengan layer digital, ditambah velg 16 inci. Pada kabin, mobil konsep BEV ini juga tampil modern berkat desain dashboard yang didominasi digital.

Baca juga:  Toyota 'Full Force' Kendaraan Elektrifikasi di IIMS 2024

Mulai dari layer meter cluster sebesar 8 inch, ditambah panel display touch screen pada bagian tengah dashboard sebesar 15,6 inch yang modern dan informatif.

Di atas kertas, Daihatsu Vizion-F dibekali baterai berkapasitas 28 kWh dan motor listrik berdaya 35 kW, yang mampu berjalan sejauh 200 km dengan keceepatan maksimal 100 km/jam. [dp/TH]

Previous articleDebut Dunia Mitsubishi XForce, Harga di Atas Xpander Cross
Next articleHyundai STARGAZER X Meluncur di GIIAS 2023, Hadir Dengan Fitur dan Teknologi Terdepan