Daihatsu Hadirkan ‘Bahan’ Modifikasi bagi Pemilik Ayla

DAPURPACU – Satu lagi unit display menarik yang ditunjukkan PT Astra Daihatsu Motor pada booth-nya di ajang pameran GIIAS 2023, yaitu Ayla yang sudah dimodifikasi.

Produk hasil garapan tim research dan development (R&D) Daihatsu tersebut dibangun sepenuhnya untuk menyambut ajang kontes modifikasi Daihatsu Dress Up e-Challenge, yang dijadwalkan digelar pada September nanti.

Mark Widjaja, Industrial Design Division Head PT ADM, mengatakan kalau Ayla Sport ini berbasiskan varian 1.2 R CVT dalam balutan keliar R80 Orange.

Di sisi lain, dengan hadirnya model ini untuk memberikan inspirasi bagi konsumen khususnya pemilik Ayla yang ingin memodifikasi agar mobilnya tampil berbeda.

“Mobil modifikasi ini tak hanya didasari pada keinginan anak-anak muda di Daihatsu, juga hasil pengembangan panjang dari tim kami,” jelas Mark disela perkenalan Ayla Sport di Booth Daihatsu, Rabu (16/8).

Tim R&D Daihatsu menerapkan warna two-tone pada bodi yang mengombinasikan kelir jingga (orange) serta hitam glossy (metallic), dan bukan balutan stiker.

Uniknya, tim R&D Daihatsu berhasil memperlihatkan permainan two tone color secara apik, dimana warna orange ‘dipasangkan’ di bagian depan hingga ke sektor kaki-kaki.

Sementara kelir hitam metaliknya mulai dari pilar C baik di kanan dan kiri bodi hingga ke bagian atapnya. Permainan warna ini mempertegas lekukan di pintu baris kedua.

Tim R&D Daihatsu Indonesia juga menyematkan berbagai komponen pada eksteriornya, seperti garnish di bagian grill dan illumination LED DRL, lamp painting, serta pelek 15 inci dengan ban GT Radial Champiro SX-R ukuran 195/50.

Meningkatkan tampilan secara keseluruhan, Ayla Sport dirancang lebih pendek dari model standar dengan penurunan hingga 30 mm, berkat penggunaan lowering kit iSpring di keempat rodanya.

“Meski terlihat pendek namun kami yakin tetap memberikan kenyamanan selama berkendara tanpa merusak sektor handling-nya,” jelas Mark lebih lanjut.

Melihat interiornya, tim R&D ADM memberikan nuansa sporty lewat aksen orange pada lingkar kemudi bagian bawah, dashboard, door trim, serta center console-nya.

Untuk lebih memperkuat kesan sporty, jok berbahan semi-leather warna hitam mendapat imbuhan dengan tambahan lapisan dan tulisan ‘Alya Sport’ orange di jok depan.

Selain desain kombinasi warna di atas, Daihatsu Ayla Sport masih menyematkan ‘amunisi’ seperti varian regular, termasuk untuk mesin dan teknologinya.

Mark memastikan bahwa Ayla Sport hanya ‘berstatus’ unit display modifikasi yang dipamerkan di ajang GIIAS 2023 saja dan belum berencana untuk memproduksinya.

“Model ini hanya sebatas unit display yang bisa menjadi acuan bagi pemilik mobil Ayla dan calon konsumen dalam memodifikasi,” tutup Mark. [dp/TH]

Previous articleAutochem Luncurkan Master Coolant Baru dan Produk Perawatan Bodi Mobil
Next articleMampir ke Sparepart Corner Suzuki di GIIAS 2023, Ada Diskon Loh!