Toyota Owner Club Kampanyekan Udara Sehat di Indonesia

DAPURPACU – Wadah komunitas mobil Toyota yaitu Toyota Owner Club (TOC) baru saja menggelar kampanye bertajuk ‘Six Communities Go Green Campaign’, yang bertujuan untuk menciptakan udara sehat di Indonesia.

Berlokasi di Auto2000 Dramaga Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/9), aksi yang dilakukan berupa uji emisi dan servis, memberikan edukasi mengenai polusi udara, serta pentingnya uji emisi bagi kendaraan bermotor.

Digelar juga kegiatan talkshow yang mengangkat tema berkendara aman (safety driving) dan eco driving, yang dipaparkan oleh Sony Susmana, dari Safety Defensive Consultan Indonesia (SDCI).

Tak hanya itu, seluruh peserta juga melakukan penanaman pohon produktif di lokasi sekitar acara tersebut. Kegiatan uji emisi mendapatkan apresiasi dari banyak pihak, terutama dari para peserta yang berpartisipasi.

Sebab, dengan kendaraan yang lulus uji emisi dapat mengurangi polusi udara dan berdampak pada kesehatan lingkungan. Khususnya untuk kendaraan yang berusia di atas lima tahun.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Umum TEVCI, Ahmad Sang Toguda Nasution, yang mengatakan bahwa selama ini kendaraan bermotor menjadi salah satu penyumbang polusi udara.

“Untuk mengurangi gas buang, sangat penting untuk melakukan servis berkala agar menekan gas buang kendaraan. Karena itu, kami melakukan edukasi mengenai hal ini dengan uji emisi untuk seluruh member TOC,” imbuhnya.

Supervisor Service Auto2000 Dramaga Bogor, Faul Brian menjelaskan, nilai ambang batas (NAB) karbonmonoksida adalah 25 ppm. Jika lebih maka akan menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia dan lingkungan.

Salah satu penyumbang kondisi tersebut adalah komponen penyaring (filter) udara yang kotor karena jarang mendapat perhatian atau bahkan tidak pernah dibersihkan.

Menurutnya, jika filter udara kotor menjadi penyebab utama terganggunya proses pembakaran pada mesin kendaraan. Sehingga ruang mesin akan kekurangan kadar oksigen, dan menghasilkan karbon dioksida (CO2) yang tinggi.

“Jika lebih dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia. Adapun Penyebab utamanya adalah filter udara yang kotor. Jadi solusinya servis rutin mobil, yang dapat mencegah terciptanya gas buang CO yang berbahaya,” terangnya.

Di sisi lain, Kepala Cabang Auto 2000 Dramaga, Aloysius Socrates mengapresiasi kegiatan gabungan berbagai komunitas dalam uji emisi dan servis gratis tersebut.

Kendaraan yang lulus uji emisi, papar dia, pasti dirawat dan diservis secara berkala di bengkel-bengkel resmi Toyota yang terjamin part dan keahlian dari petugasnya.

Dalam kesempatan ini, Herry Dharma Area Business Manager Bogor sekaligus Kepala Cabang Auto2000 Cibinong berharap kolaborasi ini terus berlanjut dan bekerja sama dalam kegiatan lainnya.

“Ini untuk memberi pengaruh positif bagi pengguna mobil Toyota secara umum bahwa Auto2000 adalah one stop solution, seperti servis, trade in, spare part, selling dll,” tukasnya.

Acara ini diinisiasikan enam komunitas, yaitu Toyota Sienta Community Indonesia, Komunitas Toyota Calya Indonesia, Toyota Etios Valco Club Indonesia, Toyota Yaris Club Indonesia, Veloz Community dan Great Corolla Club. Hadir juga 18 komunitas mobil Toyota lainnya. [dp/TH]

Previous articleIni dia Pemenang Grand Prize ‘July Special Package’ dari Wuling
Next articleDistrict Otomotif PIK 2 Resmi Dibuka, Jadi Kawasan Elit Otomotif