Keren! Siswi SMK Binaan Wahana Sabet Gelar AHM Best Student 2023

DAPURPACU – Gelaran AHM Best Student 2023 sudah memasuki babak akhir. Total terdapat 20 finalis mempresentasikan ide, gagasan dan inovasi yang sudah mereka buat.

Siswa-siswi SMK binaan main dealer sepeda motor Honda Jakarta – Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati tampil luar biasa di babak Grand Final di Hotel Sunlake, 31 Oktober lalu.

Akhirnya, salah satu siswi Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta yaitu Rafila Anindya Ahmad keluar sebagai pemenang level gold untuk kategori Ide.

Ide bidang keamanan yang dibuatnya ‘Aplikasi Uji Kode QR berbasis android sebagai inovasi pendukung keamanan transaksi digital di Indonesia’ sukses menarik perhatian juri.

Sementara wakil lainnya atas nama Muh. Rizal Pratama, SMK Yappenda Jakarta di kategori Invensi dengan projek ‘Kantin Robotik’ belum beruntung mendapatkan gelar di AHM Best Student tahun ini.

Head of CSR PT Wahana Makmur Sejati, Vica Vayerawita mengapresiasi perjuangan siswi SMK binaannya yang telah berhasil dan tampil luar biasa di Grand Final AHM Best Student 2023.

Baca juga:  Buruan, Wahana Masih Berlakukan Promo Menarik di Bulan ini

Menurutnya, menang kalah itu adalah hal yang biasa. Terpenting, lanjut Vica, mereka sudah menampilkan yang terbaik di ajang bergengsi tahunan tersebut.

“Selamat saya ucapkan buat Rafila dari MAN 4 Jakarta. Mudah-mudahan ide & invensi yang dibuat peserta bisa bermanfaat buat semua kalangan Masyarakat ke depan,” ucap Vica.

AHM Best Student 2023 mengusung tema Sustainable Development Goals (SDG’s) yang memiliki makna & tujuan untuk pembangungan berkelanjutan. Ajang adu gagasan tingkat SLTA ini dibagi dalam dua kategori, yakni ide dan invensi atau temuan.

Seleksi Regional WMS Dilakukan Sejak Agustus

AHM Best Student 2023 tingkat regional sudah dilangsungkan PT Wahana Makmur sejak Agustus lalu. Total ada 20 grand finalis tingkat regional dan terpilih empat peserta terbaik yang berhak menjadi perwakilan dari Jakarta – Tangerang.

Berpijak pada 3 pilar utama AHM Best Student, yaitu Care, Creative, dan Confident, seleksi dilakukan tidak hanya pada karya yang diajukan tapi juga keaktifan siswa dalam kegiatan sosial, kompetensi soft skill hingga non akademik.

Baca juga:  Alasan Perlunya Menoleh Belakang Saat Memulai Berkendara Motor

Vica mengakui bahwa antusiasme siswa-siswi SMK Binaan yang tinggi, sehingga proses seleksi regional yang dilakukan Wahana berlangsung sangatlah ketat.

“Merujuk pada pilar utama AHM Best Student, kami nilai betul ide & invensi yang masuk sebelum akhirnya di submit untuk bisa menjadi perwakilan Jakarta-Tangerang,” tutup Vica. [dp/TH]

Juara Kategori Ide
1. Rafila Anindya Ahmad (MAN 4 Jakarta) – Aku-QR: Aplikasi Uji Kode QR Berbasis Android Sebagai Inovasi Pendukung Keamanan Transaksi Digital di Indonesia
2. Gede Indra Apriadi (SMAN Bali Mandara) – Ecofuel Bonalena: Inovasi Brisket Ramah Lingkungan dari Limbah Siwalan (Borassus Flabellifer) dan Perekat Getah Pohon Kudo (Lannea Coromandelica)
3. M. Zuruki (SMAN 2 Kota Agung) – Pemanfaatan Resin Shorea Javanica Sebagai Bahan Bakar Alternatif Terbarukan

Juara Kategori Invensi
1. Raditya Syarifatur Riyad (SMA Laboratorium UM) – TNX: Next Generation of Water (Tirta) Purifier, Teknologi Penjernih Air Laut Tenaga Surya Sebagai Penunjang Pencapaian SDGS 2030 Menuju 100% Akses Air Minum Layak
2. Kadek Bintang Januarta (SMA Negeri Bali Mandara) – BRIQ CO (Bio-Briquettes Based Sorghum Waste With a Circular Economic Concept): Transisi Energi Melalui Eco Proyek Sekolah Berbasis Riset
3. Fikri Fadurohman (SMK Karya Nasional Kuningan) – Roasting Coffee Bean Fluid Bed With Controlled Arduino

Previous articleDua Molis United E-Motor Resmi Mengaspal di Malaysia
Next articleTuring Lagi, PMCI Gelar Baksos dan Sertijab Ketua Umum