Bikin Awet Panel LCD Speedometer, Begini Caranya

DAPURPACUID – Berbagai informasi saat berkendara sepeda motor bakal tersaji melalui layar bernama panel meter, yang saat ini mengusung model Liquid Crystal Display (LCD).

Terdapat beragam fungsi pada komponen tersebut, selain indikator kecepatan saja, namun juga ada tachometer, odometer, fuel meter, serta gear indicator.

Bahkan beberapa tipe speedometer menampilkan tambahan informasi seperti jam digital, average fuel consumption, bahkan bisa memberi peringatan kapan mengganti oli atau oil change indicator.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman mengatakan, sepeda motor model terbaru selalu mengusung teknologi terkini dan modern untuk memanjakan konsumen. Termasuk panel meter LCD.

Meski begitu, lanjut dia, panel speedometer juga terkadang mengalami beberapa masalah di beberapa komponen terutama di bagian layar yang sudah dilengkapi LCD.

“Sehingga mengganggu aktivitas berkendara, diantaranya layar LCD yang mengembun, sunburn atau ngeblank dan terkadang muncul kondisi layar speedometer yang berkedip atau tampilannya memudar,” imbuhnya.

Baca juga:  Honda Community Auto Contest, Unjuk Skill Modifikator Kota Kembang

“Karena pentingnya komponen tersebut, maka panel meter speedometer jangan luput untuk mendapat perawatan,” tambahnya dalam siaran resmi.

Berikut ini beberapa tips untuk merawat panel LCD speedometer sepeda motor yang dapat dilakukan secara mandiri, diantaranya :

Jaga Kebersihan Panel Speedometer

Sama dengan bagian lainnya, komponen speedometer juga jangan luput untuk mendapat perhatian terutama soal kebersihannya. Jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama.

Segera cuci dan bersihkan dengan kain lap yang lembut supaya tidak merusak bagian kaca atau mika. Mengelap bagian mika untuk menghindari gejala panel speedometer yang mengembun jika terdapat retakan.

Simpan Ditempat Teduh

Untuk menghindari panel speedometer mengalami kerusakan yang disebabkan terpaan sinar matahari, disarankan memarkir sepeda motor di tempat teduh atau terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Bisa memilih tempat parkir di area indoor atau jika terpaksa disimpan ditempat terbuka. Diusahakan untuk menutupnya dengan cover atau benda lainnya yang aman.

Baca juga:  Simak, Tips Memilih Ban Yang Cocok Motor Anda
Untuk meminimalisir dampak sunburn pada panel meter LCD, bisa melapisinya dengan kaca film.

Antisipasi lainnya bisa melapisi mika panel speedometer dengan plastik film yang biasa dipasang di kaca-kaca mobil, dengan memilih tingkat kegelapan 20 atau 30 persen. Bahkan warna plastic film-nya juga banyak pilihan.

Dapat juga memakai plastic film bernuansa biru, hijau, atau gelap. Intinya kita bisa setting tingkap gelapnya agar indikator di speedometer tetap dapat terlihat.

Jaga Kondisi Baterai atau Aki

Aki atau baterai sepeda motor memang menjadi komponen terpenting, sehingga jika terjadi kerusakan atau tegangannya sudah lemah maka akan merembet pada masalah yang lainnya, salah satunya di panel speedometer.

Panel speedometer yang berkedip atau memudar merupakan salah satu indikasi aki mulai bermasalah. Cek tegangannya, dan jika kondisi aki sudah mulai melemah bisa melakukan isi ulang.

Tapi jika baterai sudah rusak untuk menjaga kondisi kelistrikan sepeda motor tetap prima, langkah yang tepat adalah menggantinya dengan yang baru.

Baca juga:  Cara DAM Berbagi Ilmu Bengkel ke Jurnalis Lewat Skena Garage

Bila kondisi kelistrikan dalam kondisi normal, semua komponen kelistrikan sepeda motor termasuk panel meter LCD akan selalu dalam kondisi prima dan awet. [dp/TH]

Previous articleMG Motor Indonesia Siap Luncurkan 2 EV Baru di IIMS 2024
Next articleDiler Motoplex Gading Serpong, Perkuat Kota-kota Satelit