Hino Bus RM 280 ABS Jadi Armada Terbaru PO Bintang Zahira

DAPURPACUID – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) melakukan serah terima unit Hino Bus RM 280 ABS kepada Perusahaan Otobus (PO) Bintang Zahira Trans, 4 Maret lalu.

Dengan menggandeng PT Kumala Motor Sejahtera, selaku dealer resmi Hino di wilayah Sulawesi Selatan, sebanyak dua unit Hino Bus RM 280 ABS dibalut karoseri New Armada diserahkan.

COO – Director HMSI, Santiko Wardoyo mengatakan, seluruh PO Bus di area Sulsel membutuhkan mesin bertenaga dan sasis kokoh, karena harus melewati medan jalan yang lebih menantang.

“Hino Bus RM 280 hadir dengan mesin bertenaga ditambah dengan sistem air suspension yang menambah kenyamanan bus, dimana ini sangat diutamakan oleh para pengusaha bus disini bagi kenyamanan penumpangnya selama perjalanan,” tambahnya.

Armada terbaru PO Bintang Zahira ini akan melayani rute dari Makassar ke Malili dengan kelas super executive, dimana terdapat 9 kursi single dan 16 kursi double yang sudah dilengkapi legrest demi kenyamanan selama perjalanan jauh.

Armada ini hadir dengan warna dasar biru dan unit lainya menggunakan warna dasar merah hati dengan keduanya turut disematkan grafis livery modern, menambah daya tarik selama perjalanan.

Road Test Makassar-Gowa

Selain seremoni serah terima unit, turut digelar acara road test Hino Bus RM 280 ABS milik PO Bintang Zahira yang menggunakan bodi Skylander R22 dari karoseri New Armada.

Acara ini dihelat untuk memberikan kesempatan kepada para pemilik PO di Sulawesi Selatan merasakan langsung impresi spesifikasi dan fitur baru pada bus Hino tersebut.

Sebanyak 21 pemilik PO yang bergerak dibidang transportasi dan pariwisata, turut menjajal dengan titik awal keberangkatan dari Jl Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar menuju Permata Resort Bili – Bili, Kabupaten Gowa (PP).

Bus melewati tol Tallo Timur hingga Ujung Selatan Tol AP Pettarani, setelah itu menuju kearah Permata Resort Bili – Bili, dengan jarak tempuh sekitar 43 km.

Rute ini dipilih merupakan kombinasi jalan menanjak, menurun, jalan lurus dan tol untuk merasakan secara langsung keamanan, kenyamanan dan keandalan bus Hino RM 280 ABS.

Produk ini dilengkapi wide air suspension untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang dengan cara meningkatkan stabilitas, dan sasis space frame untuk desain bagasi yang tembus dengan kapasitas volume ±9.000 liter, sehingga ruang bagasi penumpang bisa lebih banyak atau pun memuat sepeda motor.

Selain itu semua line up Hino Bus besar turut menggunakan 10 baut roda sistem iso sehingga roda lebih kuat dalam menahan beban kendaraan serta lebih mudah dalam perawatan.

Pada sektor pengereman, Hino Bus dibekali Auto Slack Adjuster yaitu perangkat mekanis yang dirancang untuk mempertahankan jarak standar antara kampas rem dan tromol, sehingga pengemudi tidak perlu menginjak pedal rem terlalu dalam dan mengatur lagi secara manual.

Hino Bus RM 280 juga dilengkapi dengan Hino Connect yang merupakan layanan telematik bagi konsumen untuk memonitor operasional kendaraannya.

Dalam fitur ini terdapat Route Analyze dan Geo Fence yang dapat menentukan area operasional dan analisa rute armada, sehingga biaya operasional menjadi lebih efisien.

Keuntungan lainnya yaitu kemudahaan manajemen pengemudi, dimana Hino Connect memiliki fitur Driver Assignment dan Score Card pengemudi, yang membuat kendaraan aman dan operasional lancar.

Sebab fitur tersebut dapat melihat perilaku pengemudi dalam berkendara sehingga diklaim dapat menurunkan resiko kecelakaan dan melindungi aset milik pelanggan.

Santiko memaparkan, pihaknya memberikan jaminan layanan purna jual terbaik bagi para pelanggan di Sulawesi Selatan, dengan hadirnya delapan outlet resmi Hino.

Adapun kedelapan outlet resmi Hino tersebut berada di Makassar, Pare – Pare, Gowa, Sidrap, Palopo, Veteran, Bone hingga di wilayah Bulukumba.

“Kami memahami uptime bus sangat penting bagi bisnis pelanggan, dan kami ingin memastikan mereka mendapatkan layanan yang cepat baik itu servis dan suku cadang,” tutup Santiko. [dp/TH]

Previous articleGaleri Land Rover Defender 130 Outbound Hadir di PIM 1
Next articleMitsubishi Fuso Target Optimis Pangsa Pasar 41 Persen di 2024