Begini Gejala Klakson Tidak Menyala Atau Rusak

DAPURPACUID – Sebagai salah satu komponen penting pada kendaraan saat naik sepeda motor, klakson memegang peranan penting dalam menginformasikan kepada pengguna jalan lain.

Bahkan, tidak sedikit para bikers khususnya penyuka turing, menggantinya dengan klakson aftermarket dari berbagai merek dengan suara yang tentunya lebih keras dari standar.

Namun secara fungsi, adanya klakson untuk memberikan tanda ketika ada potensi bahaya di jalan raya dan sebagai isyarat kepada pengendara lain tentang keberadaan kendaraan kita.

Selain itu, klakson juga berguna untuk berkomunikasi dengan pengendara lain saat hendak berbelok atau menyalip kendaraan lain, maupun para pejalan kaki tentunya.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, penggunaan klakson harus selalu sesuai dengan peraturan, yaitu tidak boleh menyalakannya terlalu keras atau berlebihan.

Juga, lanjut Ade, sebaiknya tidak menyalakannya tanpa ada alasan yang jelas karena bunyi klakson dapat mengganggu dan membahayakan pengendara lain.

Baca juga:  Peralatan Wajib Para Pengendara Sepeda Motor

Oleh karena pentingnya komponen tersebut, Ade mengimbau untuk melakukan perawatan yang baik diperlukan agar klakson dapat berfungsi dengan maksimal.

“Terkadang, klakson mengalami masalah seperti tidak berbunyi saat tombolnya ditekan, atau bunyinya lemah dan tidak normal. Kendala seperti itu bisa diatasi dengan memahami penyebabnya,” tambahnya.

Berikut ini beberapa penyebab klakson sepeda motor tidak menyala (berbunyi) normal, diantaranya :

1. Baterai (aki) Lemah

Aki adalah sumber energi untuk bisa membuat komponen kelistrikan bekerja dengan baik. Maka jika baterai dalam kondisi lemah atau rusak maka akan menyebabkan beberapa komponen kelistrikan tidak berfungsi, termasuk salah satunya klakson.

Kendala ini biasa ditandai dengan suara klakson yang lemah dan kecil ketika menekan tombol klakson, bahkan jika baterainya dalam kondisi rusak, klakson sama sekali tidak berfungsi dengan baik.

Mengganti aki atau baterai dengan yang baru adalah solusi yang tepat, agar semua komponen kelistrikan termasuk klakson bisa berfungsi kembali dengan sempurna.

Baca juga:  Peralatan Wajib Para Pengendara Sepeda Motor

2. Tombol Saklar Kotor

Biasanya ditandai dengan klakson yang sama sekali tidak berbunyi ketika tombolnya ditekan, atau berbunyi tidak normal seperti kadang-kadang berbunyi atau tidak.

Penyebabnya bisa karena tombol saklar yang rusak atau adanya kotoran pada komponen kelistrikan di dalam saklar. Langkah pertama adalah dengan memeriksa bagian dalam saklar.

Jika terdapat kotoran seperti endapan atau karat, bersihkan saja. Namun, jika saklarnya rusak seperti tombol patah atau terlepas, cukup ganti dengan saklar baru.

3. Klakson Rusak

Tapi jika tombol pada saklar dalam kondisi baik dan baterai pun masih prima, penyebab klakson tidak menyala bisa jadi karena komponen klakson yang telah rusak.

Sebelum melakukan diagnosa tersebut bahkan berniat menggantinya, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu bagian soket dan kabel pada komponen klakson.

4. Kabel Putus

Masalah yang sering terjadi pada komponen kelistrikan selain aki yang soak adalah kabel putus atau soket terlepas. Kabel yang putus bisa disebabkan beberapa hal, seperti terpotong atau terkena gigitan hewan pengerat.

Baca juga:  Peralatan Wajib Para Pengendara Sepeda Motor

Untuk itu, lakukanlah perawatan berkala pada sepeda motor secara menyeluruh baik secara mandiri atau saat di bengkel, terutama pada bagian kelistrikan termasuk komponen klakson. [dp/TH]

Previous articleMau Motor Yamaha Baru, Mampir Deh ke Yamaha Mekar Bintaro
Next articleJembatan Layang Simpang Joglo Target Selesai September 2024