Shell Eco-marathon 2024 Kembali Digelar di Sirkuit Mandalika

DAPURPACUID – Shell Indonesia bakal kembali menggelar ajang kompetisi kendaraan masa depan yang irit dan ramah lingkungan, Shell Eco-marathon skala regional, 2-6 Juli 2024.

Untuk ketiga kalinya Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah sejak 2022, dan tahun ini kembali dilaksanakan di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 merupakan kompetisi mobil hemat energi, yang diikuti lebih dari 80 tim mahasiswa dari 12 negara di kawasan Asia-Pasifik dan Timur Tengah.

Sementara tim Indonesia tercatat lebih dari 40 tim telah terdaftar per Juni ini. Mereka akan bersaing dengan tim-tim dari Arab Saudi, Brunei Darussalam, Filipina, India, Kazakhstan, Korea Selatan, Malaysia, Qatar, Thailand, Tiongkok dan Vietnam.

Vice President Corporate Relations Shell Indonesia, Susi Hutapea mengatakan, gelaran kompetisi ini di Indonesia dalam tiga tahun terakhir menjadi upaya perusahaan memberdayakan generasi pemimpin energi untuk masa depan, termasuk para pelajar di Tanah Air.

Menurut Susi, program ini mewujudkan semangat generasi muda untuk berinovasi dan berkolaborasi dalam menciptakan teknologi yang dapat mendorong efisiensi.

“Hal ini diharapkan dapat menjawab tantangan energi di masa depan dan menghadirkan solusi transportasi yang inovatif,” jelasnya disela pengumuman di Jakarta, Selasa.

Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 kembali memperlombakan mobil hemat energi dalam dua kategori, yakni kendaraan Urban Concept dan Prototype.


Untuk sumber energi yang digunakan dibagi menjadi tiga subkategori, yaitu mesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) seperti bensin, solar atau etanol, baterai elektrik dan sel bahan bakar hidrogen.

Shell Eco-marathon program merupakan kompetisi inovasi global yang menantang generasi muda untuk merancang, membuat, serta menguji kendaraan hemat energi.

Program ini menyatukan keahlian dan ide cemerlang dari mahasiswa seluruh dunia untuk menghadirkan solusi energi yang inovatif dan lebih bersih.

Selain itu, Shell Eco-marathon juga telah sukses menjadi wadah konektivitas bagi pelajar, pelaku industri, hingga pecinta lingkungan untuk dapat berkumpul, bertukar ide, hingga mendorong inovasi menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

Aktivitas Menarik Bagi Generasi Muda

Selain kompetisi, digelar juga berbagai rangkaian acara (side events) yang dihelat Shell Indonesia dalam rangka pemberdayaan generasi muda untuk menggali potensi diri.

Adapun rangkaian aktivitas itu diantaranya Shell LiveWIRE (program pengembangan wirausaha muda di bidang energi) dan Shell NXplorers (program pendidikan untuk generasi muda tentang critical thinking dan creative problem solving).

Terdapat juga kegiatan Shell Indonesia Women’s Network (program diskusi dan pemberdayaan para siswa dalam menggali potensi untuk masa depan). [dpid/EK]

Previous articleMitsubishi Fuso Dinobatkan Sebagai Merek Niaga ‘Lawas’ di Indonesia
Next articleTim Mahasiswa Indonesia Siap ‘Adu Taktik’ di Ajang SEM 2024