DAPURPACUID – Bersamaan dengan gelaran BCA Expo 2024 di ICE BSD City, Tangerang, Ducati Indonesia resmi meluncurkan model terbaru Multistrada V4 RS dibalut teknologi terkini.
“Multistrada V4 RS merupakan pilihan yang tepat bagi para pemotor yang berjiwa petualang menginginkan kendaraan serbaguna untuk aktivitas harian maupun rekreasi,” kata CEO Ducati Indonesia, Jimmy Budhijanto.
Meski dibekali desain khas penjelajah, namun motor ini didaulat sebagai varian Multistrada tercepat berkat dipasangkannya mesin Desmosedici Stradale yang merupakan turunan dari Panigale V4.
Didukung kenyamanan terbaik dan teknologi modern, Multistrada V4 RS diklaim cocok digunakan perjalanan jauh dan berliku di atas permukaan jalan beragam khas motor multipurpose.
Bahkan motor tersebut pun dapat digunakan oleh pemilik untuk dijajal di lintasan sirkuit berkat karakter sport yang dibenamkan khas pabrikan Borgo Panigale.
“Motor multipurpose memungkinkan pengendara menikmati pengalaman berkendara maksimal di sirkuit serta dirancang menghadapi tantangan medan tidak rata, memberikan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara,” imbuhnya.
Berbekal Mesin ‘Buas’
Secara keseluruhan, Ducati Multistrada V4 RS mampu menggabungkan dua elemen pada sepeda motor lansiran Italia itu, yakni Superbike dan Touring, menjadikannya model paling sporty, canggih dan eksklusif.
Diproduksi oleh pabrikan dalam seri bernomor, motor dengan banderol ‘fantastis’ Rp1,3 miliar ini menawarkan performa unik dengan kopling kering dan silencer Akrapovič.
Dipasangkan juga suspensi Öhlins dan forged rims pada sektor kaki-kaki untuk sensasi berkendara yang optimal sekaligus kenyamanan terbaik di tiap kondisi permukaan jalan.
Aftersales Director Ducati Indonesia, Dito Mulyawadi memaparkan, mesin Desmosedici Stradale berkapasitas murni 1.103 cc ini semakin mumpuni dikawinkan dengan transmisi enam percepatan plus Ducati Quick Shift Up/Down.
“Konfigurasi tersebut di atas kertas menghasilkan tenaga maksimum 180 hp pada 12.250 rpm, plus torsi puncak 118 Nm putaran mesin 9.500 rpm,” jelas Dito.
Untuk mengoptimalkan performa Desmosedici yang lebih sporty dengan akselerasi lebih besar, Multistrada V4 RS dilengkapi rasio akhir yang dipendekkan tanpa mengubah rasio gigi.
Motor ini juga dilengkapi kopling kering STM-EVO SBK dari aluminium billet, komponen ini memperkaya suara knalpot dengan timbre logam khas dan meningkatkan performa.
Secara tampilan, Ducati Multistrada V4 RS memadukan desain khas Multistrada yang elegan dan dinamis dengan teknologi balap dari sepeda motor supersport khas Borgo Panigale.
Dilengkapi dengan komponen serat karbon pada area spakbor depan, hand guard, heat shield, dan ‘paruh’ depan, yang memberikan kontras menarik dengan livery Iceberg White.
Ekor techno-polymer ringan dan rangka penyangga jok titanium menonjolkan tampilan sporty dan mampu mengurangi bobot hingga 2,5 kg. Nomor unik pada pelat aluminium anodized hitam dengan bendera Italia.
Untuk meningkatkan kenyamanan termal, Desmosedici Stradale dirancang untuk menonaktifkan bank belakang saat motor berhenti, dalam keadaan netral dan suhu mesin di atas 70°C.
Fitur-fitur Terkini dan Modern
Multistrada V4 RS dilengkapi dengan paket elektronik canggih dari Multistrada V4 S, termasuk teknologi radar depan dan belakang untuk Adaptive Cruise Control (ACC) dan Blind Spot Detection (BSD).
Sistem elektroniknya terdiri dari 4 Mode Daya (Full, High, Medium, Low), Ducati Wheelie Control (DWC), Ducati Traction Control (DTC), Engine Brake Control (EBC) dan Ducati Quick Shift (DQS) Up&Down, yang dikalibrasi pada empat Mode Berkendara: Race, Sport, Touring, dan Urban.
Fitur 4 Power Modes menjadi fitur yang pertama kali dibenamkan pada keluarga Multistrada, khususnya di V4 RS, yang menawarkan daya maksimum di semua perpindahan gigi.
Selain itu, panel instrumen TFT 6,5 inci menampilkan grafis khusus dan mendukung Ducati Connect, memungkinkan peta navigasi dan mirroring perangkat seluler.
Termasuk kompartemen smartphone yang dilengkapi dengan ventilasi untuk mendinginkan ponsel selama penggunaan intensif di perjalanan.
Rangka aluminium monokok Multistrada V4 RS dirancang untuk menopang velg alloy Marchesini ringan berukuran 17 inci, guna meningkatkan dinamika sepanjang berkendara sekaligus kepresisian sempurna.
Ban Diablo Rosso IV Corsa memberikan cengkeraman optimal, sementara suspensi Öhlins Smart EC 2.0 memastikan kenyamanan dan dukungan dalam berbagai kondisi berkendara.
Sistem pengereman Panigale V4 dilengkapi cakram dan kaliper Brembo, memberikan daya dan modulasi superior. Ergonomika berkendara pun ditonjolkan melalui pijakan kaki, stang lebih rendah dan aki ringan.
Ducati juga menyediakan berbagai aksesori untuk meningkatkan performa dan tampilan Multistrada V4 RS, mulai dari side box berbahan plastik atau aluminium, serta windshield lebih besar.
Untuk memperkuat karakter sporty, tersedia juga komponen aluminium tempa dan detail serat karbon untuk menambah kesan agresif dan ringan pada motor CBU Italia itu.
Ducati Multistrada V4 RS hanya menawarkan satu warna yaitu Iceberg White, dengan radar depan dan belakang sebagai standar. [dpid/TH]