DAPURPACUID – PT Autopedia Sukses Lestari (ASLC) bakal memanfaatkan peluang peningkatan permintaan mobil bekas menjelang Lebaran tahun ini, lewat berbagai inovasi.
Strategi tersebut akan dimaksimalkan oleh bidang penjualan ritel mobil bekas (Caroline.id), bisnis lelang (JBA) serta bisnis gadai (MotoGadai).
Dengan menggandeng PT Mandiri Utama Finance (MUF), Caroline.id menggelar even Mobil Bekas Expo (MOBEX) MUF X CAROLINE.ID, di Gading Serpong, Tangerang, Banten, 7-16 Maret 2025.
Acara ini merupakan even khusus segmen mobil bekas yang menawarkan berbagai promo menarik bagi konsumen, yang berminat mencari mobkas berkualitas.
Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, Jany Candra berkomitmen terus mendorong pertumbuhan pasar mobil bekas di Indonesia menjelang Lebaran ini.
Upaya tersebut, lanjut dia, dengan menghadirkan pilihan kendaraan roda empat yang terjamin kualitasnya, serta didukung dengan layanan yang transparan dan terpercaya.
“Adanya kolaborasi ini diyakini dapat memberikan solusi terbaik bagi pelanggan yang ingin memiliki mobil bekas dengan proses lebih mudah dan menguntungkan,” imbuhnya dalam siaran resmi.
Jany memaparkan, momentum Lebaran merupakan kesempatan besar bagi ASLC untuk meraup peningkatan penjualan mobil bekas, yang diklaim akan terus bertumbuh.
Oleh karenanya, Perseroan optimis tahun ini akan dapat meraih pendapatan yang lebih baik dari tahun sebelumnnya. Data Gaikindo menyebut, penjualan mobil bekas di Indonesia mencapai 1,8 juta unit pada 2024.
Jumlah ini jauh lebih tinggi dibandingkan mobil baru yang hanya terjual 865.723 unit. Tren peningkatan permintaan mobkas ini dipicu kenaikan harga mobil baru yang tidak sebanding pertumbuhan pendapatan masyarakat.
Melemahnya daya beli tersebut memaksa para konsumen harus memilih kendaraan bekas sebagai alternatif, karena harganya jauh lebih terjangkau.
Selain itu, untuk dapat terus meningkatkan penjualan mobil bekas, setiap tahun ASLC aktif berekspansi membuka showroom Caroline.id di wilayah-wilayah potensial di Jabodetabek dan Jawa Barat.
Caroline.id merupakan Online-to-Offline (O2O) Used Car Dealer, yang memudahkan pelanggan dalam membeli mobil bekas berkualitas.
Dengan showroom baru yang diresmikan pada November 2024 di Soekarno Hatta-Metro, Bandung, Jawa Barat, per akhir tahun lalu Perseroan telah memiliki 16 outlet Caroline.id.
Adapun untuk tahun ini, ASLC telah menyiapkan belanja modal alias Capex antara Rp20 – 30 miliar, yang akan digunakan untuk kegiatan ekspansi Caroline.id.
Salah satunya akan digunakan untuk membiayai pembukaan cabang baru showroom flagship Caroline.id, yang diharapkan akan mulai beroperasi pada Kuartal II 2025.
MOBEX Bertabur Promo Menarik
Sepanjang gelaran MOBEX, Caroline.id menawarkan berbagai kemudahan dalam proses kepemilikan mobil bekas, seperti DP mulai dari 10%, suku bunga spesial mulai dari 4,99%, cicilan ringan, serta beragam hadiah menarik.
Hadiah itu diberikan bagi pelanggan yang melakukan pembelian dan tukar tambah mobil selama periode, berupa gratis voucher salon mobil senilai Rp3 juta, e-money senilai Rp1,5 juta, voucher BBM senilai Rp 500 ribu dan lain-lainnya.
Sejauh ini, kinerja Caroline terus menunjukkan peningkatan signifikan, dimana pada sembilan bulan pertama 2024, berhasil mencatatkan pendapatan Rp416,76 miliar, naik 35% YoY.
Pendapatan tersebut diperoleh dari penjualan lebih dari 2.400 unit mobil bekas, atau meningkat sebesar 18,3 persen (year-on year/YoY).
Perkembangan kinerja positif ini terjadi seiring konsistensi Perseroan dalam memperkuat ekosistem bisnis mobil bekas, termasuk JBA, yang menargetkan pangsa pasar di atas 40%.
Per September 2024, volume lelang JBA naik 33,1% YoY menjadi 92.172 unit. Peningkatan itu telah mendongkrak pendapatan dari bisnis lelang, sehingga naik 37,6% YoY menjadi Rp199,04 miliar. [dpid/TH]