Cara Tata Motors Kembalikan Spirit Kebangsaan Lewat ‘Jelajah Pasar Nusantara 2018’


JAKARTA (DP) – Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) ingin memanfaatkan spirit perniagaan tradisional guna lebih mendekatkan lagi lini produk komersial unggulannya. Lewat program ‘Jelajah Pasar Nusantara 2018’, Tata berharap dapat terus memboyong aura tersebut sejalan dengan misi bisnisnya.

Namun, di balik itu, Tata Motors mengakui perkembangan teknologi membuat pasar kini tidak lagi membutuhkan ruang, tempat dan waktu. Pesatnya ‘pasar’ online memungkinkan pedagang dan pembeli melakukan berbagai transaksi tanpa harus bertemu muka langsung dan dengan produk yang tidak bisa disentuh secara fisik.

Atas dasar inilah, event ini digelar sebagai bagian dari kontribusi TMDI untuk memperkuat ekonomi kerakyatan di Tanah Air.

Presiden Direktur TMDI, Biswadev Sengupta, mengatakan bagaimana pun pasar telah menjadi bagian integral dari peradaban manusia. Bahkan, sejarah mencatat, beberapa kota bahkan terhubung karena adanya kegiatan perniagaan ini.

Melalui ‘Jelajah Pasar Nusantara 2018’ inilah, lanjut Biswadev, pihaknya berharap kegiatan ‘masa lampau’ tersebut jangan sampai terpupus oleh zaman milenial saat ini.

Baca juga:  Program GSC 2018, Bentuk Apresiasi Tata Motors Untuk Konsumen

“Program ini kami jadikan sebagai ikon terbaru Tata di Indonesia. Sejatinya, kami ingin membangkitkan lagi semangat kebangsaan dari keberadaan pasar-pasar tradisional, yang masih terus ada hingga saat ini,” kata Biswadev, di sela-sela perkenalan program di Jakarta, Jumat (13/7).

Program ‘Jelajah Pasar Nusantara 2018’ bakal dilakoni tim TMDI dengan menggunakan dua unit niaga andalannya, yakni Tata Xenon HD dan Super Ace HT. Tim bakal mengarungi perjalanan Lintas Timur Sumatera sejauh 2.400 km dalam waktu 20 hari.

Eksplorasi pasar tradisional seluruh Sumatera tersebut dimulai pada 20 Juli dan dijadwalkan berakhir di Jakarta tepat 7 Agustus. Anjungan Tata Motors di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 di ICE BSD, Tangerang, diagendakan menjadi titik finish-nya.

Endi Supriatna, Project Leader ‘Jelajah Pasar Nusantara 2018’ mengatakan, dalam jelajah ini tim akan mengunjungi tujuh pasar tradisional. Mulai dari Pasar Peunayong di Aceh Darussalam menuju Lhoksukon, bergerak ke Binjai lalu ke Palembang, Lampung dan menyeberang ke Jakarta.

Baca juga:  Penjualan Ritel Pickup dan Truk Tata Motors Melonjak Signifikan

“Tim bakal melewati tujuh provinsi di Sumatera. Kami akan mengeksplorasi setiap pasar yang disinggahi dan berinteraksi dengan mereka. Layaknya di pasar, kami juga akan melakukan transaksi, hasilnya akan kami bawa ke daerah-daerah terpencil untuk kami bagikan ke masyarakat sebagai bagian dari kegiatan kepedulian Tata Motors,” tambah Endi.

Diharapkan lewat kegiatan ini, dapat mengulang kembali sekaligus merasakan atmosfer perniagaan jalur yang secara tradisional digunakan sebagai jalur niaga bertahun-tahun lalu.

“Sejalan dengan semangat Connecting Aspirations, melalui perjalanan ini Tata Motors ingin lebih dekat dengan masyarakat Sumatera dan memperkenalkan lebih jauh tentang Tata Super Ace HT dan Xenon HD yang dapat diandalkan untuk berbagai kegiatan perniagaan dan berbagai kondisi jalan, dan akan menjadi mitra bisnis yang ideal bagi para pedagang pasar,” tutup Biswadev. [dp/MTH]