Kinerja Positif, Asuransi Astra Raih Dua Penghargaan | dapurpacu.id

Kinerja Positif, Asuransi Astra Raih Dua Penghargaan


JAKARTA (DP) – Kinerja baik yang telah dicapai Asuransi Astra sepanjang tahun lalu mendapat ganjaran positif. Dua penghargaan berhasil dicapainya, yakni Investor Best Insurance Award 2018 dari Majalah Investor dan Infobank Insurance Awards 2018 oleh Majalah Infobank.

Tahun 2017 merupakan tahun terberat bagi pertumbuhan industri asuransi umum. Meski bisnis industri asuransi umum sedang mengalami tekanan, sebagian perusahaan asuransi umum masih berhasil mencatatkan kinerja terbaik yang salah satunya dicapai Asuransi Astra.

Penilaian Investor Best Insurance Award 2018 didasari pada 15 kriteria, antara lain pertumbuhan aset rata-rata, pertumbuhan jumlah investasi rata-rata, pertumbuhan laba bersih rata-rata, dan pangsa pasar premi neto.

Terus dikembangkannya digitalisasi dalam core bisnisnya, menjadi penilaian tersendiri bagi juri. Langkah ini diambil sebagai media untuk mengingatkan perusahaan asuransi tentang pentingnya menghadapi ketatnya persaingan bisnis pada era revolusi industri modern.

Sedangkan untuk penghargaan Infobank Insurance Award, riset dilakukan oleh Biro Riset Infobank dengan membuat rating perusahaan asuransi umum yang didasari pada laporan keuangan publikasi berupa neraca, laba (rugi), dan informasi lainnya.

Baca juga:  Astra Financial Serahkan Ventilator Kepada Sri Sultan

Dalam pembuatan rating ini, Biro Riset Infobank juga menggunakan pendekatan pendapatan premi bruto untuk mengelompokkan satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lain menggunakan standar deviasi sehingga diperoleh pengelompokkan yang adil.

Berdasarkan hasil riset tersebut, Asuransi Astra mendapatkan predikat sangat bagus untuk kategori perusahaan asuransi umum berpremi bruto Rp1 triliun ke atas.

“Kedua penghargaan ini juga menjadi motivasi untuk terus aktif menciptakan inovasi baik dari segi produk maupun layanan, khususnya di bidang digital guna dapat terus mempertahankan performa di tengah tekanan industri,” tulis Asuransi Astra, Senin (30/7). [dp]