Masih Ingat Mitsubishi Galant? Begini Tampilan Anyarnya


LOS ANGELES (DP) – Mitsubishi, seperti kebanyakan pabrikan mobil lainnya, sudah mulai mengurangi atau bahkan menghentikan produksi kendaraan jenis sedan dan lebih fokus pada model SUV atau crossover.

Bahkan Mitsubishi sekarang hanya memiliki satu model mobil penumpang di luar SUV dan crossover, yakni Mirage, sedangkan model yang sedang dipasarkan mayoritas SUV dan cossover, seperti Pajero Sport, Outlander, Outlander Sport, Eclipse Cross dan juga Xpander untuk pasar negara berkembang.

Tapi apakah Mitsubishi akan kembali masuk ke segmen sedan yang sudah lama ditinggalkannya? Belum tahu, tapi seorang desainer bernama Enoch Gabriel Gonzales membagikan gambar rekaan sedan Mitsubishi Galant via Behance. Gambar rekaan itu dispekulasikan sebagai Mitsubishi Galant model 2020, yang sudah mengadopsi bahasa desain terbaru dari pabrikan berlogo tiga berlian itu.

Untuk Galant sendiri pernah berjaya dan menjadi andalan Mitsubishi mulai 1969 hingga 2012, yang berevolusi sepanjang periode itu dari sedan kompak (dan coupe, hatchback, hingga wagon) menjadi sedan medium hingga memasuki generasi kesembilan.

Baca juga:  Chapter Baru Komunitas PSF Lahir di Semarang

Mitsubishi memasarkan hampir 100.000 unit Galant di Amerika pada 2002, tapi pada 2009, penjualan tahunan Galant di Negeri Paman Sam anjlok menjadi kurang dari 12.000 unit dan tak pernah beranjak dari kisaran angka itu sampai akhirnya dihentikan produksi dan penjualannya.

Saat ini rival sesama Jepang, seperti Toyota, Honda, dan Nissan, masih bertahan untuk memproduksi sedan. Tapi mereka juga memperbanyak porsi untuk model SUV dan crossover. Jika Mitsubishi ingin menghidupkan lagi sedan, seperti Lancer dan Galant, apalagi saat ini sudah menjalin aliansi dengan Renault dan Nissan, tak ada salahnya untuk bertaruh di segmen ini. Nah, bila itu menjadi pilihan, mungkin hasil rekaan Gonzales ini layak untuk dipertimbangkan karena sudah selaras dengan bahasa desain Mitsubishi terkini. [dp/TGH]