HSR, Robot Toyota yang Bisa Bantu Segala Kebutuhan Manusia


TOKYO (DP) – Human Support Robot (HSR) yang dikembangkan Toyota menjadi bukti komitmen raksasa otomotif Jepang itu membantu menciptakan masyarakat inklusif dan berkelanjutan melalui mobilitas, sehingga semua orang punya kesempatan untuk menantang segala hal yang menurut mereka tidak mungkin menjadi mungkin.

Mulai pekan depan, yakni pada 1 hingga 5 Oktober 2018, Toyota akan memperkenalkan HSR kepada para akademisi dan peneliti yang hadir dalam International Conference on Intelligent Robots and Systems (IROS) di Madrid, Spanyol. Pada kesempatan itu, tim insinyur Toyota juga akan mempresentasikan platform riset HSR.

Adapun HSR adalah konsep mobilitas dan menjadi bagian dari keluarga Toyota Partner Robots. Pengembangan HSR ini sendiri mendukung rencana dan target Toyota untuk memberikan kebebasan mobilitas bagi semua orang serta memperkaya kehidupan masyarakat dengan fokus pada perawatan bagi pasien yang sakit serta manula, perawatan kesehatan, melakukan perjalanan jarak dekat dan segala keperluan di dalam rumah.

Baca juga:  IRC Sabet Double Winner di ASEAN Marketing Summit 2018

HSR adalah robot yang kompak dan mobile serta dilengkapi lengan robot yang bisa dilipat, sehingga bisa digunakan untuk mengambil benda-benda di lantai dan menyimpan serta mengambil benda dari rak. Selain itu, HSR juga dapat melakukan berbagai tugas yang dapat meningkatkan kualitas hidup kaum manula atau kaum yang memiliki kebutuhan khusus.

“Toyota Motor Europe R&D Robotics memberikan kontribusi besar terhadap riset global Toyota dalam bidang sains. Kami yakin HSR dapat membantu peneliti dan membantu percepatan pencapaian teknologi di bidang robotik,” ujar Gerard Killmann, Toyota Motor Europe Vice President R&D, dalam keterangan tertulisnya.

Melalui komunitas HSR Developers yang diluncurkan pada September 2015, Toyota menjadikan HSR sebagai platform inovasi terbuka bagi para mitra di seluruh dunia.

Berbagai mitra pengembang nantinya tak perlu mengembangkan robot aktual, atau software untuk operasional dasar. Para pengembang itu bebas untuk fokus pada pengembangan ide di masa depan dan aplikasi dengan menguji teknologi dan algoritma mereka di lingkungan riil. Sekarang sudah ada 44 mitra pengembang di 12 negara yang menggunakan HSR.

Baca juga:  Upaya Amandio Pertahankan Supremasi Raja Drifting Nasional

Di Eropa, Toyota tengah mendukung riset di lima universitas, yakni di Inggris, Jerman, Perancis dan Belanda.

HSR sudah diadopsi sebagai platform standar untuk berbagai kompetitisi robot internasional, seperti RoboCup@Home dan World Robot Summit (WRS). [dp/TGH]