Toyota Paling Handal, Tapi Perawatan Mazda Paling Murah


LOS ANGELES (DP) – Untuk mengetahui mobil mengalami masalah biasanya dapat dipantau dari lampu indikator pada Multi Information Display yang menyala. Tapi tak semua lampu indikator menyala itu menandakan ada masalah besar pada kendaraan, karena problem sepele juga bisa memicu lampu menyala.

Nah, soal lampu indikator menyala sebagai penanda kendaraan mengalami masalah, CarMD telah merilis Vehicle Health Index Make and Model Reliability Rankings, yakni semacam laporan tahunan yang mencatat indeks kesehatan dan kehandalan kendaraan, untuk kemudian dijadikan pedoman untuk menganalisis perbaikan lampu indikator cek mesin dan biaya yang dikeluarkan.

Studi CarMD untuk tahun ini menganalisis lebih dari 5,6 juta kendaraan untuk model tahun 1996 hingga 2018, yang melaporkan kasus menyalanya lampu indikator cek mesin antara 1 Oktober 2017 hingga 30 September 2018.

Berdasarkan hasil studi, kendaraan lansiran Toyota paling jarang ditemukan lampu indikator cek mesin menyala. Setelah Toyota, merek yang jarang mengalami lampu cek mesin menyala adalah berturut-turut Acura, Hyundai, Honda dan Mitsubishi.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat All-new Toyota Corolla Altis

Meski bagus jika memiliki mobil yang bandel dan handal, tapi untuk perbaikan tak bisa dihindarkan, karena sekuat apapun kendaraan pasti akan mengalami masalah seiring waktu pemakaian, khususnya pada lampu indikator cek mesin.

Untuk kasus ini, pemilik mobil tentu ingin memiliki mobil yang paling rendah biaya perawatan dan perbaikannya. Dalam kategori ini, bukan Toyota yang terdepan, melainkan Mazda. Benar, Mazda menjadi merek kendaraan yang secara rata-rata paling murah untuk biaya perbaikan lampu indikator cek mesin, yakni sebesar $286. Merek di bawah Mazda yang termurah biaya perbaikannya adalah Kia ($320), Dodge ($326), Hyundai ($328) dan Chrysler ($329).

Sedangkan biaya termurah untuk perbaikan lampu cek mesin adalah Hyundai Tucson 2017 dan Hyundai Accent 2017, yang memiliki biaya rata-rata perbaikan masing-masing sebesar $67 dan $69. Model-model lain yang biaya perbaikan lampu indikator cek mesinnya murah adalah Kia Rio 2016 ($70), Toyota Prius C 2014 ($83) dan Mitsubishi Mirage 2017 ($84).

Baca juga:  All New Toyota Corolla Altis Hybrid Meluncur 12/9, Anda Mau Beli?

Studi CarMD juga menyebutkan bahwa perbaikan paling umum dan terjangkau pada 9 dari 10 kendaraan yang paling terjangkau untuk biaya perbaikan lampu cek mesin adalah untuk memeriksa atau mengganti tutup tangki yang longgar, rusak atau hilang. Makanya, sebelum pergi ke bengkel untuk memeriksakan lampu cek mesin yang menyala, ada baiknya para pemilik mobil untuk memeriksa kembali tutup tangki mobil, daripada harus merogoh kocek untuk sesuatu yang sebenarnya bukanlah kerusakan. [dp/TGH]