Transmisi Colt T120SS Bermasalah, Pemilik Diajak ke Dealer Resmi

JAKARTA (DP) – Kendaraan niaga ringan milik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ternyata mengalami nasib yang sama seperti produk niaga Suzuki. Adalah Colt T120SS yang masuk dalam program Field Fix Campaign (Kampanye Perbaikan).

Masalah utamanya ada pada komponen High Speed Gear Shift Shaft (Selektor Pemindah Gigi), dimana pada sistem transmisi manual 5-percepatan pikap ini berpotensi terkunci dan tidak dapat dipindahkan ke gigi manapun pada saat kondisi kendaraan berjalan.

Kondisi ini diklaim terjadi saat posisi tuas transmisi pada gear ke-5. Dalam keterangan resmi yang diterima Dapurpacu, Selasa (18/12) lalu, MMKSI menyebutkan ada 5.431 unit Colt T120SS yang wajib memenuhi recall, setiap unit yang diproduksi pada tahun ini (2018).

“Kurang presisinya dimensi komponen Selektor Pemindah Gigi tersebut disebabkan oleh kurang tepatnya penempatan jig/dudukan komponen ini saat proses pengelasan disisi produksi,” ujar Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI.

Baca juga:  Intip Keunggulan Mitsubishi Pajero Sport Hingga Jadi 'Raja' Medium SUV

Dilaksanakannya program recall ini merupakan wujud kepatuhan terhadap ketentuan yang diatur didalam Peraturan Perundang-undangan yang berlaku khususnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 Tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor.

“Program ini merupakan komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors Corporation dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan, serta memberikan jaminan layanan purna jual berkualitas untuk terus memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi para pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia.”

Irwan menambahkan, pihaknya mengundang para konsumen pemilik Colt T120SS dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya di diler resmi.

MMKSI melalui dilernya di seluruh Indonesia akan mengirimkan surat undangan pemeriksaan tersebut kepada konsumen yang kendaraannya terlibat dalam kampanye ini tanpa dikenakan biaya apapun.

Kampanye ini telah dimulai pada 17 Desember lalu, sedangkan estimasi durasi pemeriksaan kendaraan atas komponen ini selama 1 jam dan perbaikan selama 6 jam.

Baca juga:  Intip Keunggulan Mitsubishi Pajero Sport Hingga Jadi 'Raja' Medium SUV

Bila dari hasil pemeriksaan terhadap kendaraan konsumen diperlukan penggantian suku cadang tersebut maka konsumen berhak menerima kompensasi penggantian Oli Mesin & Filter Oli secara gratis. [dp/MTH]