Toyota Ukir Sejarah, Juara Reli Dakar Bersama Al-Attiyah


LIMA (DP) – Pereli Qatar, Nasser Al-Attiyah, mencetak sejarah baru bersama Toyota dengan menjadi juara Reli Dakar untuk pertama kalinya pada ajang reli terganas yang digelar tahun ini.

Al-Attiyah, yang sebelumnya menjuarai Reli Dakar bersama Volkswagen pada 2011 dan menggeber Mini empat tahun berselang, kini memacu Toyota Hilux untuk membela tim Toyota Gazoo Racing SA (Afrika Selatan) dan akan mengarungi 17 seri di ajang reli dunia musim 209.

Al-Attiyah mundur lebih awal ketika pertama kali menggeber Toyota pada 2017, sebelum finish di posisi kedua di belakang Carlos Sainz Sr yang mengemudikan Peugeot pada 2018, sampai akhirnya tampil dominan di musim ini, yang diwarnai absennya tim Peugeot.

Pereli Qatar itu memimpin klasifikasi umum, tapi hanya mampu berada di posisi kedua di belakang rekan setimnya, Giniel de Villiers, yang tampil beringas. Tapi sayang, kemenangan yang sudah di depan mata itu sirna akibat menabrak batu pada hari berikutnya.

Dengan semua rival utamanya menghadapi berbagai masalah, secara perlahan Al-Attiyah kemudian merangsek ke depan untuk memimpin lomba.

Pada Kamis (17/1), Al-Attiyah menuntaskan tahapan terakhir sejauh 112 km antara Pisco dan Lima di Peru untuk memenangi reli terganas itu dengan mengemas keunggulan waktu 46 menit 42 detik atas rival terdekatnya, Nani Roma.

Roma, pereli tim X-raid Mini, meski tak sekalipun memenangi tahapan selama partisipasinya dalam empat seri Dakar, tapi ia tampil cukup konsisten sehingga menyegel posisi runner-up tahun ini, yang juga merupakan finish kali pertama di podium sejak juara pada 2014.

Sedangkan juara dunia sembilan kali Reli Dunia asal Prancis, Sebastien Loeb, meraih posisi ketiga bersama tim PH Sport-run yang mengandalkan Peugeot 3008 DKR.

Di posisi keempat dihuni Jakub Przygonski bersama X-raid Mini, yang merupakan finish terbaiknya selama berlaga di Reli Dakar. Cyril Despres yang memacu Mini milik tim X-raid, finish kelima, dan diikuti Martin Prokop, pereli privateer yang menghela Ford Raptor.

Peteli Mini lainnya, Yazeed Al-Rajhi dan Boris Garafulic, mengisi posisi kedelaoan, dan dibuntuti dua pengguna Toyota, de Villiers dan Ronan Chabot, masing-masing di urutan kesembilan dan 10. [DP/TGH]