Suzuki Carry Pick Up Terdistribusi Lebih dari 1 Juta Unit

Lebih dari 40 tahun, Suzuki Carry PU telah didistribusikan ke diler lebih dari 1 juta unit.

JAKARTA (DP) – Kontribusi Suzuki Carry Pick-Up pada pertumbuhan penjualan Suzuki di Indonesia terus berlangsung positif di lebih dari 40 tahun eksistensinya. Hal ini sejalan dengan makin menggeliatnya segmen kendaraan niaga tersebut di Tanah Air.

Itu dibuktikan sepanjang 2018 lalu, segmen ini terus bertumbuh di mana wholesales secara nasional tercatat 107.135 unit, atau tumbuh 11% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dua produk PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di segmen itu, yakni Carry Pick-Up dan Mega Carry Pick-up mampu mengukir pencapaian pangsa pasar 50% di tahun tersebut, dengan torehan distribusi ke diler sebanyak 53.950 unit.

Makmur, 4W Sales Director PT SIS mengakui bahwa segmen komersial sangat penting untuk membantu pengusaha dalam menjalankan bisnis. Karena itulah Suzuki telah ‘terjun’ di segmen itu melalui Carry Pick-Up sejak tahun 1976.

“Harapan kami untuk menyediakan produk yang tangguh, kokoh, irit dan berdimensi besar mendapat respon yang positif dengan capaian penjualan kami,” jelas Makmur, dalam siaran resminya, Jumat (19/4).

Baca juga:  'Customer Appreciation Day', Cara Suzuki Melihat Kepuasan Konsumen

Makmur menjelaskan total wholesales yang tergapai oleh produk ini selama lebih dari 40 tahun itu sebesar 1.254.185 unit. Dan selama 10 tahun terakhir ini, diklaim mendominasi pangsa pasar kendaraan niaga ringan di Indonesia.

Selama periode 2009-2018, produk pikap unggulan Suzuki ini berhasil meraih wholesales sebesar 520.528 unit, dengan penguasaan pangsa pasar 50%.

Konsep pemasaran ‘ILMU’ yang diterapkan untuk Carry Pick-Up, yaitu “I” untuk ‘Irit bensin dan perawatan’, “L” untuk Lama umur pakainya, “M” untuk Muat banyak, dan” U” yang berarti Untung di ujung terbukti cukup ampuh.

Sebagai informasi, perjalanan Suzuki Indonesia pada segmen komersial dimulai dengan produk pertamanya yaitu Carry Pick-Up ST10 pada 1976, lalu diperbaharui dengan Super Carry ST20 pada 1977 dan Carry ST100 pada 1983.

Sejarah Carry Pick-Up berlanjut dengan hadirnya Carry Futura Pick-up 1.3 pada 1991, serta bergabungnya lini baru di segmen komersial ini yaitu Mega Carry pada 2011. Dan pada 2017, PT SIS menghadirkan model teranyar Carry Pick-Up. [dp/MTH]