Xenia Tak Lagi Jadi Andalan Daihatsu, Posisinya Diganti Sigra


Sementara Xenia tidak dicantumkan dalam rilis ini, dapurpacu.id mengutip datanya dari sales performance 2019 yang menyebutkan whole sales Xenia pada Agustus ini hanya 462 unit, retail sales 1,402 unit melorot dibandingkan Juli yang whole salesnya 676 unit dan  retail salesnya 1.617 unit.

DAPURPACU – Mengamati hasil penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sepanjang 2019 (Januari – Agustus)  sepertinya Xenia sudah tidak lagi menjadi andalan agen pemegang merek (APM) yang satu ini. Penjualan Daihatsu Xenia trus melorot dari bulan ke bulan. Posisinya sekarang sudah digantikan Sigra yang produk faceliftnya akan diperkenalkan pada 16 September (Senin) pekan depan.

Selama Agustus 2019, tercatat total retail sales Daihatsu mencapai 13.696 unit, dan whole sales sebanyak 15.415 unit. Jika dibandingkan dengan bulan Juli 2019, penjualan Daihatsu mengalami peningkatan, baik pada retail sales 7% dan whole sales 18,5%.

Dalam rilis yang diterima dapurpacu.id, penjualan retail sales Daihatsu tetap didominasi Sigra dengan pencapaian 3.795 unit atau berkontribusi sebesar 28%, disusul GranMax (PU) 2.989 unit, serta GranMax (MB) dan Ayla berada di angka 1.700-an unit (12-13%).

Peningkatan tajam diraih Terios dibandingkan bulan Juli lalu. Dari whole sales, Low SUV Daihatsu ini meningkat dari 1.080 unit menjadi 3.335 unit, sementara retail sales  dari 923, menjadi 1.643 unit, meningkat sebesar 78%.

Sementara Xenia tidak dicantumkan dalam rilis ini, dapurpacu.id mengutip datanya dari sales performance 2019 yang menyebutkan whole sales Xenia pada Agustus ini hanya 462 unit, retail sales 1,402 unit melorot dibandingkan Juli yang whole salesnya 676 unit dan  retail salesnya 1.617 unit.

“Saat ini suplai Terios sudah meningkat ke level sekitar 3.300-an unit. Kami berharap ke depannya, pencapaian angka  retail sales  dapat segera mengikuti angka yang telah kami suplai pada bulan berikutnya,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor.

Terkait dengan peluncuran Daihatsu Sigra, pekan depan, Amel mengatakan bahwa stok Low MPV Daihatsu ini tidak akan mengganggu kehadiran New Sigra.

“Stock Management (Sigra) cukup baik, gak masalah dengan stok yang lama. Lagipula stok yang ada sudah mau habis kok!” imbuh Amelia, saat dihubungi Dapurpacu.id beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan dengan manajemen yang baik, stok unit Sigra biasanya bertahan hingga satu bulan, sesudah itu dealer-dealer akan meminta untuk re-stock lagi.

Terkait target, Amelia menyebutkan bahwa tidak ada perubahan dari angka yang telah dicanangkan pada model sebelumnya, yaitu 4.000 unit per bulan.

“Untuk Sigra facelift, kami tidak menaikkan target jualannya, tetap seperti model yang beredar saat ini yaitu di angka 4.000 unit per bulan. Toh penjualan Sigra memang diangka tersebut baik wholesales maupun retail sales,” pungkasnya.

Sayangnya, saat diungkit soal banderol resmi Sigra facelift Amelia masih bungkam. Namun, tersiar kabar bahwa yang berminat untuk meminang mobil ini cukup menyediakan mahar sebagai tanda jadi sebesar Rp5 juta saja.

Sebagai informasi, harga Sigra saat ini dijual mulai dari Rp114 juta untuk tipe 1.0 D MT sampai Rp154.750.000 untuk varian R Deluxe AT. [dp/GTM]