Banderol Toyota RAV4 Prime Hybrid Hampir Menyentuh Rp1 Miliar | dapurpacu.id

Banderol Toyota RAV4 Prime Hybrid Hampir Menyentuh Rp1 Miliar


DAPURPACU – Publik dunia dikejutkan dengan diumumkannya banderol resmi untuk SUV teranyar Toyota yang telah memulai debutnya pada New York Auto Show tahun lalu.

Hadir dalam versi plug-in hybrid, Toyota RAV4 Prime dilebeli harga jauh dari perkiraan sebelumnya yakni mencapai lebih dari US$50.000, atau sekitar Rp723 juta untuk varian yang disesaki beragam opsional.

Toyota RAV4 Prime dibanderol mulai dari harga US$38.100, belum termasuk biaya pengiriman dan pajak negara. Meski masih di bawah US$40.000, termasuk biaya masuk, menjadikan model ini sebagai RAV4 termahal yang pernah digulirkan pabrikan Jepang tersebut.

Dua tipe ditawarkan, varian SE dan XSE. Meski mode entry level, jangan diremehkan soal amunisi yang dipasangkan pada varian tersebut.

Sebut saja jok depan dengan pemanas plus pengatur elektrik, audio layar sentuh 8 inci, blind-spot monitoring, cross-traffic alert, serta power back door sebagai peranti standar.

Lalu untuk model XSE dengan banderol US$41.425, dilengkapi fitur standar seperti sistem audio layar sentuh 9 inci, moonroof, velg 19 inci, balutan two-tone color pada eksterior dan lain sebagainya.

Selain itu, Toyota juga memberikan tiga opsi paket untuk model itu, di mana pada paket teratas dipasangkan kombinasi fitur-fitur lebih mewah. Sebut saja Weather with Audio dan Premium Package yang dibanderol US$5.760.

RAV4 generasi baru ini menjadi SUV pertama di jajaran model SUV Toyota yang mengadopsi platform TNGA. Dengan platform ini, RAV4 diklaim memiliki tingkat kestabilan dan pengendalian yang mantap.

Hal itu berkat penempatan titik bobot kendaraan yang lebih rendah dan tingkat kekakuan (rigid) bodi meningkat 57%. Belum lagi distribusi bobot yang kini 51 menjadi 49 untuk depan dan belakang.

Untuk suspensi belakang mengadopsi desain double wishbone, yang menawarkan kualitas pengemudian lebih baik, pengendalian mantap dan lebih presisi.

Dapur pacu yang diusung new Toyota RAV4 Hybrid adalah mesin bensin 2.5 liter Dynamic Force dengan dua motor listrik. Kombinasi itu menghasilkan tenaga 219 hp, lebih besar ketimbang model lawas yang bertenaga 194hp.

Teknologi hybrid generasi keempat yang dipakai RAV4 Hybrid mengalami banyak perbaikan, yang meliputi pembenahan pada power control unit dan baterai Nickel metal-hydride yang ukurannya lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan baterai lama.

RAV4 Hybrid masih menggunakan girboks CVT, tapi Toyota mengklaim sudah mengalami peningkatan pada operasionalnya. Toyota RAV4 Hybrid juga dilengkapi electric all-wheel drive system yang sudah mengalami peningkatan performa secara signifikan.

Tingkat torsi yang dialirkan ke roda belakang juga meningkat 30 persen, dengan perbandingan depan-belakang kini berkisar dari 100:0 hingga 20:80, yang membuat RAV4 lebih mumpuni melibas berbagai kondisi medan. [dp/MTH]