Berangsur Pulih, Daihatsu Pertahankan Posisi Kedua Pasar Otomotif | dapurpacu.id

Berangsur Pulih, Daihatsu Pertahankan Posisi Kedua Pasar Otomotif


DAPURPACU – Kuartal kedua 2020 bisa dikatakan menjadi titik terendah dari kondisi industri otomotif Indonesia. Dan dijelang tutup tahun ini, pasar otomotif mulai menampakkan kenaikan.

Kondisi ini ternyata juga dilihat oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai masa pemulihan dari bulan-bulan sebelumnya, yang dibuktikan pada kenaikan pasar secara bertahap.

Tren positif pada penjualan terjadi di bulan Oktober dibandingkan September lalu, di mana terjadi kenaikan retail sales sebesar 6% menjadi sekitar 46 ribu unit, dan pada wholesales sebesar 1% menjadi sekitar 49 ribu unit.

Pada periode Januari – Oktober 2020, Daihatsu mampu mempertahankan posisinya diurutan kedua penjualan otomotif nasional dengan capaian retail sales sebanyak 81.623 unit.

Sementara pangsa pasar Daihatsu meningkat menjadi 18% dibanding periode sama tahun 2019 yang hanya mencapai 16,9%. Hasil positif juga tetap diraih pada wholesales.

Secara total penjualan wholesales Daihatsu mencapai 77.471 unit dengan peningkatan 18,4% marketshare dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 17,7%.

Baca juga:  Pelatihan Guru SMK Seputar Fitur Terkini Daihatsu

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, mengakui pemulihan pasar otomotif sejalan dengan pemulihan perekonomian Indonesia secara bertahap.

“Daihatsu memiliki target posisi kedua dengan pangsa pasar minimal 17%. Jadi berapapun market-nya, yang kami pertahankan adalah kedua hal target tersebut,” ucapnya, disela temu virtual dengan media.

Hendrayadi memaparkan, seperti Pemerintah informasikan, laju pertumbuhan ekonomi yang tercermin pada PDB (Produk Domestik Bruto) secara YoY (Year on Year) walaupun memasuki kondisi resesi, namun terjadi peningkatan positif juga dimana pada Kuartal II berada di -5,32% menjadi -3,49% pada Kuartal III.

Meski begitu, persentase penurunan ekonomi Indonesia sebesar -1,7% pada Oktober 2020, dapat dikatakan kondisi perekonomian Indonesia relatif lebih baik dibandingkan kondisi perekonomian negara lainnya.

Atas dasar kondisi itu, Daihatsu mampu bertahan di urutan kedua tangga otomotif nasional, dengan target pangsa pasar minimal 17 persen hingga di penghujung tahun ini.

Baca juga:  Raih Posisi Kedua, Daihatsu Tatap Optimis 2021

“Posisi kami mampu di atas target itu (17%) yakni 18 persen. Kami optimis hingga akhir tahun dapat tercapai,” tambah Hendrayadi.

Secara bulanan, retail sales Daihatsu pada Oktober lalu tercatat sebanyak 8.135 unit, dengan Gran Max Pick Up kontributor di peringkat pertama sebanyak 2.827 unit atau berkontribusi sebesar 34,8%.

Disusul Sigra sebesar 1.782 unit (21,9%) dan Ayla 1.013 unit (12,5%). Kemudian diikuti model-model Daihatsu lainnya seperti Terios, Xenia, Luxio, Sirion dan Gran Max Minibus.

“Kami berharap peningkatan penjualan di sektor otomotif dapat membantu pemulihan perekonomian Indonesia secara keseluruhan,” pungkas Hendrayadi. [dp/MTH]