Pertamina: Konsumsi BBM Beroktan Tinggi Melonjak Pasca Lebaran | dapurpacu.id

Pertamina: Konsumsi BBM Beroktan Tinggi Melonjak Pasca Lebaran


DAPURPACU – Kebijakan larangan mudik Lebaran, tidak lantas mmebuat para pengguna kendaraan menghentikan aktivitas berkendara di masa tersebut. Pertamina justru mencatat peningkatan signifikan di wilayah Jawa Bagian Barat.

Peningkatan ini dialami pada BBM jenis oktan tinggi. Berdasarkan data Satgas Ramadhan Idul Fitri (RAFI) Pertamina, peningkatan BBM jenis Pertaseries diangka 12% dan Dexseries sebesar 10% pada 26 Mei dibandingkan konsumsi normal harian.

Unit Manager Comm, Rel, & CSR Marketing Regional Jawa Bagian barat, Eko Kristiawan mengatakan, tingginya kebutuhan masyarakat pada BBM berkualitas dan ramah lingkungan ini merupakan fenomena menarik.

“Pasca larangan mudik Lebaran ini, puncak permintaan BBM di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat terjadi pada dua hari jelang Lebaran yaitu pada tanggal 11 – 12 Mei 2021,” jelas Eko.

“Konsumsi terbesar dari BBM yang digunakan adalah Pertalite dan Pertamax yang mencapai 91% dari total realisasi BBM jenis Gasoline,” tambahnya.

Baca juga:  Pertamina Jamin Stok Solar dan Pertamax Dalam Kondisi Cukup

Beberapa titik di Jawa Bagian Barat mengalami peningkatan konsumsi signifikan terjadi di Jalur Pantura yang melonjak hingga naik 24% dibandingkan normal.

“Bahkan di jalur wisata Sukabumi dan Majalengka konsumsi Dexlite dan Pertalite naik di atas normal meskipun di tengah kebijakan larangan mudik,” tuturnya lagi.

Lebih lanjut Eko menambahkan tren ini menunjukkan para pengendara semakin meyakini bahwa kenyamanan bepergian untuk ke perjalanan jauh keluar kota ataupun berlibur bersama keluarga yang menempuh perjalanan jauh mensyaratkan kendaraan yang prima.

Pertamax Turbo dengan RON 98 dan Pertamax dengan RON 92, serta Pertamina Dex dengan Cetane Number (CN) 53 diklaim menjamin pembakaran mesin kendaraan pemudik akan lebih sempurna dan maksimal.

“Penggunaan Pertamax Series dan Dex Series cocok untuk perjalanan jauh karena keunggulannya mesin menjadi lebih dingin, irit bahan bakar (efisiensi), keawetan mesin, dan meningkatkan perfoma mesin serta ramah lingkungan,” pungkasnya.

Baca juga:  Pertamina Jamin Stok Solar dan Pertamax Dalam Kondisi Cukup

Sampai 31 Mei 2021, masyarakat mendapatkan potongan harga Rp300 per liter dengan menggunakan aplikasi My Pertamina untuk pembelian Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite. [dp/MTH]