Sering Salah, Begini Tips Merawat Cover Mobil Agar Tetap Awet

DAPURPACU – Peranti yang satu ini sangat dibutuhkan untuk melindungi bagian luar (eksterior) mobil, terutama ketika musim penghujan seperti saat ini.

Peranti tersebut biasa disebut sebagai cover mobil, yang mampu menjadi pelindung mobil dari gesekan, kotoran, debu atau cuaca ekstrem yang dapat merusak permukaan cat mobil.

Bagian tersulitnya adalah pada perawatannya agar tetap awet atau tahan lama. Namun yang terpenting adalah memilih cover mobil yang memiliki bahan berkualitas.

Salah satunya adalah dengan membersihkannya dengan benar. Berikut tips yang ampuh untuk merawat cover mobil Anda agar tetap layak saat terus digunakan.

Bersihkan dengan Bahan Lembut
Setelah dipakai, tentu cover mobil harus dibersihkan selalu. Cara untuk membersihkannya yaitu dengan bahan yang lembut, seperti spons dan kanebo terutama untuk cover mobil yang basah.

Sedangkan saat cover digunakan dalam kondisi kering pada musim panas misalnya, bisa menggunakan kemoceng agar selalu terhindar dari debu.

Jangan Sering Dicuci
Mencuci cover mobil dapat menurunkan daya tahan coating anti air, sehingga hindari mencuci cover secara sering dengan sabun karena dapat mengurangi daya tahan waterproof yang dapat menyebabkan air tidak cepat turun ketika terkena hujan.

“Cover dapat dicuci ketika terdapat noda atau kotoran yang menempel. Selain itu, cara pencuciannya juga cukup dengan air yang mengalir,” kata CEO CoverSuper Indonesia, Ari Wibowo.

Pastikan Cover Benar-Benar Kering
Banyak pemilik cover yang masih melupakan bagian penting ini. Padahal cara ini ampuh melindungi cover dari jamur dan bercak noda. Semisal setelah turun hujan.

Pastikan cover enar-benar kering setelah dicuci atau hendak digunakan. Karena jika masih ada embun, maka ketika digunakan membuat bodi mobil basah yang mengakibatkan kerusakan pada cat mobil.

Melipat Cover Mobil
Ketika mobil digunakan tentu pengguna juga harus memperhatikan bagaimana cara menyimpan dan melipat cover mobil dengan benar, serta rapi ketika disimpan.

CoverSuper menyediakan tas khusus untuk menyimpan cover mobil.

“Caranya cukup simpel. Tarik cover mobil dari depan dan dari belakang. Kumpulkan cover mobil dari berbagai sisi ke atas mobil, setelah itu lipat menjadi satu dan gulung dengan rapi,” jelas Ari.

Untuk memudahkan dalam penyimpanannya, gunakan tas khusus atau bisa memilih CoverSuper, karena sudah dilengkapi dengan tas portabel sehingga tidak perlu khawatir saat menyimpannya.

Selain itu, CoverSuper juga menyediakan cover mobil dengan berbagai variasi warna dan bahan yang sesuai dengan keinginan dan kantong.

Saat ini, CoverSuper menawarkan empat tipe cover berbeda sesuai kebutuhan para pemilik mobil, diantaranya Xtreme Outdoor, Primesoft, Superior dan Deluxe.

“Untuk tipe yang paling banyak dicari sendiri yaitu Xtreme Outdoor, karena ketahanan air dan panas yang tinggi serta anti jamur,” tutup Ari. [dp/MTH]