Uji Ketangguhan Toyota Innova Zenix Hybrid Melibas Jalanan Kota dan Pegunungan

DAPURPACU – Generasi ketujuh Toyota Kijang akhirnya hadir dengan nama Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, pada kesempatan kali ini dapurpacu diajak untuk menjajal langsung Toyota Innova Zenix Hybrid yang sudah memberikan SPK hingga 7.228 Unit dalam 3 minggu sejak Launching (21 November 2022).

Innova Zenix hadir dalam dua pilihan mesin, bensin konvensional dan mesin bensin yang di gabungkan dengan motor listrik atau yang biasa dikenal dengan hybrid. Keduanya sama-sama mesin M20A, berkode M20S-FKS Dynamic Force Engine yang diklaim efisien dan bertenaga. Mesin berkubikasi 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i ini menghasilkan daya 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 rpm.

Pada Ujicoba Dapurpacu mendapatkan kehormatan untuk mencoba tipe termewah Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid TSS Modellista, mobil yang dibanderol seharga Rp. 611.000.000 ini dicoba melibas jalur Yogyakarta – Kopeng – Semarang – Cirebon – Jakarta, sekitar 600 kilometer, pada 20-21 Desember 2022 lalu.

Rute yang dilalui kali ini terbilang cukup lengkap, dimulai dengan rute perkotaan yang di penuhi oleh aktifitas kendaraan di jalanan perkotaan jalur Magelang – Yogyakarta. Kali ini kehandalan akselerasi Zenix benar-benar teruji saat meliuk-liuk untuk mendahului  kendaraan lambat yang ada di kanan maupun kiri jalan, Innova Zenix ini sangat responsif sekali.

Beda dari generasi-generasi sebelumnya, Innova kini mengadopsi penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) untuk mengimbangi platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Kali ini kemampuan FWD Innova Zenix di uji untuk melibas jalur pegunungan menanjak dibawah kaki gunung merbabu ( Yogyakarta – Semarang via Kopeng).

Begitupun saat kendaraan ini melintasi jalur tol semarang – solo, Sensasi perpindahan gigi 10-Speed Direct Shift CVT akselerasi terasa cepat dengan perpindahan transmisi yang terasa halus, termasuk shift down yang lembut saat kami mendekati dengan cepat gerbang tol Semarang.

Innova Zenix tipe Q dengan hybrid ini menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm, dengan tenaga gabungan 186 PS, Motor listriknya menghasilkan daya mandiri 113 PS dan torsi 21 Kgm. Jadi saat melibas tanjakan terjal di jalur kopeng, dengan sedikit momentum  yang ada, mobil ini dapat menanjak mulus tanpa hambatan luar biasa dan saat melewati jalanan menurun kemampuan efek engine brake yang memadai berkat fitur uphill/downhill shift control yang berfungsi untuk mencegah mobil bergerak turun tidak terkendali.

Sekarang kita pindah ke Baris kedua, baris ini hanya dapat di isi oleh 2 orang,  untuk varian tertinggi ini kedua kursi dibekali dengan fitur captain seat dan dilengkapi dengan ottoman dan electric recliner. Selain itu ada konsol tambahan untuk penyimpanan di bagian tengah, cup holder, hingga arm rest yang bisa dilipat.

Sedangkan untuk baris ketiga (belakang), ruang kaki dan ruang kepala yang tersedia di baris belakang kurang memadai untuk ukuran penumpang dengan tinggi diatas 170cm, tetapi jika baris kedua disesuaikan, baris ketiga akan memiliki ruang yang cukup luas untuk penumpang dewasa. Namun pada umumnya, baris ketiga memang lebih cocok ditempati anak-anak.

Fitur Panoramic Sunroof yang disematkan di MPV Kijang Innova Zenix Hybrid boleh dibilang salah satu fitur mahal di dalam mobil, karena Bentuknya lebih panjang dan lebar ketimbang atap-atap kaca lainnya. Panoramic Sunroof juga bisa menjadi pintu darurat alternatif saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Fitur Sunroof sendiri dapat di buka/tutup dengan mudah, Namun berbeda dengan sunroof, seluruh bagian atap yang dipasangi panoramic roof dipasang kaca yang tidak bisa dibuka. Meski tidak bisa dibuka, namun panoramic roof memberikan kesempatan bagi penumpang untuk menikmati pemandangan sekitar tanpa harus turun dari mobil.

Kabin All New Kijang Innova Zenix ini memang berubah total menjadi lebih nyaman, lega, dan senyap. Dengan menggunakan penggerak roda depan (FWD), maka terowongan di bawah dek penumpang sudah tidak ada lagi sehingga menciptakan lantai yang rata sehingga ruang kabin terasa lapang dan nyaman.

Kenyamaman kabin All New Kijang Innova Zenix meningkat signifikan berkat penggunaan platform TNGA: GA-C. Paket insulator pada platform TNGA dengan daya redam mumpuni untuk menambah keheningan kabin, Dengan peredam berkualitas pada dashboard memastikan suara mesin tidak tembus ke dalam. [dp/BGS]

Untuk varian, Toyota Kijang Innova Zenix tersedia dengan beberapa varian, Berikut rincian harga Toyota Kijang Innova Zenix:

Tipe Bensin:

  • Innova Zenix 2.0 G CVT: Rp 419.000.000
  • Innova Zenix 2.0 V CVT: Rp 467.000.000 (Premium color tambah Rp 3 juta)

Tipe Hybrid:

  • Innova Zenix 2.0 G HV: Rp 458.000.000
  • Innova Zenix 2.0 V HV Modelista: Rp 532.000.000
  • Innova Zenix 2.0 Q HV Modellista: Rp 611.000.000 (Premium color tambah Rp 3 juta)
Previous articleJasa Marga Aktifkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Secara Fungsional
Next articleMMKSI Sematkan Fitur Baru Pada New Xpander Model 2023